pengabdi peRindu pecinta

My photo
suRabaya, jawatimuR, Indonesia
assaLamu'aLaikum bLogwaLkeR . nggak ada yang tau beRapa Lama akuu singgahi bumi ALLAH . manusia yang punya ingatan teRbatas , dan mungkin saya takut kehiLangan ingatan daLam kenangan , memiLih beRbagi sekLumit ingatan itu meLaLui coRetan . kaRena setiap oRang (teRmasuk saya) setiap haRinya akan meLupakan sesuatu . punya banyak kekuRangan , beRusaha bwt ndak naRuh hati ke siapapun , masih jadi objek dakwah , dan akan seLaLu mempeRbaiki kuaLitas ketaQwaan . akuu suka menemukan inspiRasi daRi jaLan jaLan yang akuu LaLui dan oRang oRang sekitaR teRdekat kuu . tidak peduLi sepeRti apa kehidupan sebeLumnya , kita hidup untuk seLanjutnya , disini haRus ada peRubahan menuju NYA . aLLahumma ya muQaLLibaL QuLLub tsabbit QaLbi 'aLa diinik , yaa ALLAH yang maha memboLak baLikkan hati , teguhkan Lah akuu daLam agama Muu . yup , iniLah dunia bocah awam . yang baik daRi NYA , yang buRUk khiLaF kuu . suwun uda mampiR , saLam kenaL n keep contact yaa . (^____^") KETAWAKETAWAKETAWA . *dulu url nya adekkecenk.blogspot.com*

Wednesday, September 28, 2011

adekmoRphosis tiga :: shoLat ::

bismiLLahiRahmaniRahim ,

tidakLah semua peRbuatan baik itu dihitung sebagai kebaikan sampai dia meLaksanakan shoLat 5 waktu . dah shoLat kah ?

bebeRapa kutipan daRi buku peLatihan shaLat khusyu’ shaLat sebagai meditasi teRtinggi daLam isLam kaRya abu sangkan :

di daLam kehidupan , kita seRing menghadapi peRsoaLan yang suLit untuk dipecahkan atau tiba tiba kita mendapatkan Rasa geLisah dan cemas . LaLu apa yang kita Rasakan ketika haL itu teRjadi kepada hati kita ? secaRa naLuRiah muncuL keinginan kita keLuaR daRi geLoRa yang mengguncang daLam dada . kita akan meRasa Lega kaLau kita peRgi ke tempat yang jauh , ke gunung yang tinggi , ke Laut yang Luas , ke Rumah teman , atau menghaLau peRsaan itu dengan peRgi beRkaRaoke . namun , semua itu siFatnya hanya sementaRa , (hedonis) tenang sebentaR seteLah itu muncuL Lagi .

ada banyak caRa yang diLakukan oRg untuk bisa meninggaLkan peRsoaLan yang teRjadi daLam hatinya . doRongan ini adaLah FitRah manusia . namun doRongan ini diseLewengkan oLeh pengeRtian yang keLiRu sehingga Ruh dianggap senang kaLau dibawa ke tempat tempat hibuRan di muka bumi ini . padahaL , ia bukan beRasaL daRi negeRi mateRi atau aLam aLam Rendah (bumi) . ia adaLah Ruh suci yang dihembuskan oLeh tuhan yang beRasaL dari sisi Nya yang Luas . maka apabiLa ia diaRahkan kepada zat sang pencipta , ia akan LaRi meLuncuR secepat kiLat . ia akan meRasa senang dan bahagia secaRa hakiki , kaRena ituLah inti daRi peRjaLanan spiRituaL manusia .

RasuLuLLah saw sendiRi beRsabda daLam sebuah hadits nya , bahwa sHaLat itu adaLah mi’Raj Nya oRang oRang mukmin , yaiutu naiknya jiwa (mi’Raj) meninggaLkan ikatan naFsu yang teRdapat daLam Fisik manusia menuju kehadiRat ALLAH yang maha tinggi . mungkin bagi kita yang awam agak canggung dengan istiLah mi’Raj , yang kita kenaL sebagai sebuah peRistiwa LuaR biasa hebat yang peRnah diaLami RasuLuLLah saw dan menghasiLkan peRintah shaLat .

mengapa RasuLuLLah mengatakan bahwa shaLat meRupakan mi’Raj nya oRang oRang mukmin ? adakah kaitannya dengan mi’raj nya RasuLuLLah saw itu , kaRena peRintah shaLat adaLah hasiL peRjaLanan beLiau ketika beRjumpa dengan ALLAH di shidRatuL muntaha ? mungkinkah kita bisa meLakukan sepeRti yang diLakukan RasuLuLLah saw meLaLui shaLat ? apakah kita bisa beRjumpa dengan ALLAH ketika shaLat ? begitu mudahkah beRjumpa dengan ALLAH ? jika jawabannya tidak , mengapa kita dipeRintahkan untuk shaLat ? adakah Rahasia dibaLIk shaLat ?

misteRi ini hampiR ta teRpecahkan , kaRena kebanyakan oRang menanggapi hadits teRsebut dengan sikap apRioRi dan beRkeyakinan bahwa manusia tidak mungkin beRjumpa dengan ALLAH di dunia . meREka meyakini , bahwa peRjumpaan dengan ALLAH hanya akan teRjadi di akhiRat nanti . akibatnya , meReka ta mau ambiL pusing mengenai hakikat shaLat , atau bahkan meReka menganggap shaLat hanya sebagai sebuah kewajiban yang haRus diLakukan tanpa haRus memikiRkan Fungsi dan tujuannya .

ketika muncuL peRtanyaan mengenai caRa mencapai khusyu’ daLam shaLat , muncuL puLa beRaneka Ragam jawaban . ada yang menganjuRkan untuk mengeRti aRti setiap kaLimat yang diucapkan daLam shaLat , ada juga yang menganjuRkan memandang ke aRah tempat sujud sebagai upaya memFokuskan pikiRan agaR tidak LiaR kesana kemaRi , dan beRaneka jawaban Lainnya . namun pada pokok nya , semua caRa teRsebut haRus menyentuh hakikat shaLat , yaitu rasa beRkomunikasi dan meneRima Respons daRi yang disembah .

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * *

adapuLa sekLumit ceRamah yang akuu catet pada waktu simuLasi MTQN di kampus .

mengenai "shoLat LancaR maksiat jaLan teRus" . biasanya oRang memaknainya "peRcuma kamu shoLat tapi tetep beRmaksiat Ria" . weits , teRnyata ndak sedangkaL itu Lhoo . gini nih "dengan menyempuRnakan shoLat muu Lah , keinginan hati untuk beRbuat maksiat akan dicabut dengan sendiRinya oLeh ALLAH & diRi akan dijauhkan daRi musibah di dunia & akhiRat" . keRen yoo =’)


ada juga yang gini :
muLut komatkamit bacaan shoLat tapi pikiRan meneRawang kemana mana . nah , ada tips biaR shoLat bisa khusyuk . ketika takbiR , sudah dibisikkan ke teLinga & hati kaLo seteLah shoLat nanti , nyawa ini akan dicabut ALLAH SWT . huaa pastiLah ndak pengen buRu buRu keLaR shoLat dah , bisa Lebih menikmati Lezatnya Rukuk & sujud =’)

* * * * * * * * * * * * * * * * * * * *


gimana kauand, ini hanya sebagian kueciL daRi bahasan mengenai shoLat,  mungkin ada tambahan aRtikeL atau ReFeRensi, siLahkan di shaRe yaa, jazakumuLLah khoiRon katsiRon ikhwah :)

No comments:

Post a Comment