pengabdi peRindu pecinta

My photo
suRabaya, jawatimuR, Indonesia
assaLamu'aLaikum bLogwaLkeR . nggak ada yang tau beRapa Lama akuu singgahi bumi ALLAH . manusia yang punya ingatan teRbatas , dan mungkin saya takut kehiLangan ingatan daLam kenangan , memiLih beRbagi sekLumit ingatan itu meLaLui coRetan . kaRena setiap oRang (teRmasuk saya) setiap haRinya akan meLupakan sesuatu . punya banyak kekuRangan , beRusaha bwt ndak naRuh hati ke siapapun , masih jadi objek dakwah , dan akan seLaLu mempeRbaiki kuaLitas ketaQwaan . akuu suka menemukan inspiRasi daRi jaLan jaLan yang akuu LaLui dan oRang oRang sekitaR teRdekat kuu . tidak peduLi sepeRti apa kehidupan sebeLumnya , kita hidup untuk seLanjutnya , disini haRus ada peRubahan menuju NYA . aLLahumma ya muQaLLibaL QuLLub tsabbit QaLbi 'aLa diinik , yaa ALLAH yang maha memboLak baLikkan hati , teguhkan Lah akuu daLam agama Muu . yup , iniLah dunia bocah awam . yang baik daRi NYA , yang buRUk khiLaF kuu . suwun uda mampiR , saLam kenaL n keep contact yaa . (^____^") KETAWAKETAWAKETAWA . *dulu url nya adekkecenk.blogspot.com*

Friday, October 19, 2012

:: dhahiR ceRminan batin ::

bismiLLahiRahmaniRahim,

" apa-apa yang teRsimpan daLam keghaiban hati. teRtampakkan pada kenyataan yang mewujud "

wajahmu adaLah hatimu . sikapmu adaLah hatimu . bicaRamu adaLah hatimu . peRiLakumu adaLah hatimu . kehidupan seseoRang menceRminkan kondisi hatinya . ituLah pentingnya menjaga posisi , kondisi , dan kesehatan hati . hati yang terjaga , hidupnya penuh dengan kejembaran . maka , selalu aL FaQiR katakan , " keep youR heaRt . enjoy youR LiFe ; jagaLah hatimu . niscaya nikmat hidupmu ." memang hati mampu menyimpan apa pun . bahkan , nabi saw membeRitahukan dengan sabda beliau saw. hati mukmin adaLah Rumah ALLAH yang maha pengasih . betapa hebat hati oRang yang beRiman kepada NYA .

itu puLa yang dapat diambiL peLajaRan sebagai bentuk PembeLajaRan siFat buat kita . ketika nabi saw hendak meLakukan isRa' dan mi'Raj . hati beLiau dicuci Lebih dahuLu . dibeRsihkan dan disucikan oLeh NYA .

kaRenanya , dinuL isLam banyak membeRikan tips dan stRategi menjaga kondisi hati dan kesehatan hati . sebab , yang namanya pekeRjaan hati , yang disebut ikhLas dan jujuR itu sangat beRat . ikhLas dan kejujuRan itu beRpoRos dan beRpusat pada hati .

coba peRhatikan , oRang yang memiLiki hati suka maRah . suka jengkeL . oRang jawa biLang gondokan . maka , dia kena penyakit gondok . keLenjaR teRoitnya beRmasaLah .

siapa yang tahu kaLau hatinya gondok . jengkeL . maRah . tidak ada yang tahu . yang tahu ya diRinya sendiRi dan ALLAH ta'aLa . tetapi Lihat akibatnya . keLuaR menjadi penyakit . yaitu penyakit gondok . akhiRnya secaRa nyata oRang Lain jadi tahu . sebab , oRang yang sakit gondok tidak dapat menyembunyikan teRus penyakitnya .

peRhatikan juga oRang yang hatinya memendam dendam . atau , amaRah yang sangat dalam . wajahnya menjadi memeRah . tidak dapat ditutup-tutupi . ini nyata . kaRena nya nabi saw membeRikan wasiat kepada sahabat abu daRdu' Ra. untuk tidak maRah . maksudnya menjadi seseoRang yang suka maRah . pemaRah .

dinuL isLam mengajaRkan , supaya suka memaaFkan oRang Lain . sekaLi pun memeiLiki kemampuan untuk membaLas . sebab , dengan memaafkan hidup menjadi seimbang Lagi sehat . hati dan jiwa tidak Lagi teRbebani dengan peRasaan sakit hati . yang teRjadi , justRu dengan memaaFkan oRang Lain . hati menjadi jembaR . sehingga mudah sekaLi untuk beRpikiR positiF .

sebaLiknya , hati yang beRpenyakit senantiasa beRpikiR negatiF . akibatnya , tidak peRnah meRasakan hidup ; sehat ; sejahteRa ; dan bahagia (sbs) . oRang Lain seLaLu dianggapnya saLah , keLiRu , kaFiR , najis , ahLi neRaka , tukang bid'ah , dan sebutan negatiF Lainnya .

padahaL dia sendiRi yang sebenaRnya Layak meneRima tuduhan yang diLontaRkan itu . tuduhan yang diLakukan adaLah tuduhan yang saLah aLamat . dia Lupa bahwa di daLam diRinya ada potensi yang sama dengan oRang yang dituduh .

yang peRLu diwaspadai . seRangan penyakit jiwa yang paLing aawaL adaLah suka menyaLahkan oRang Lain kaRena sakit hati , atau kaRena diRinya , menuRutnya paLing benaR , oRang Lain saLah .

ukuRan seseoRang itu sehat jiwanya . apabiLa di kehidupannya Lebih banyak membeRi , memaaFkan , meLayani , menoLong , dan meLindungi oRang Lain . oRang Lain itu bisa istRinya , anak-anaknya , tetangganya , koLeganya , dan makhLuk NYA yang Lain . sudah baRangtentu semuanya teRukuR Lagi cocok dengan aL QuRan , aL hadis dan aL iLmu .


nemu majaLah MAYARA pas di kantoR , edisi 109 th.x / septembeR 2011 haLaman 3 .

No comments:

Post a Comment