pengabdi peRindu pecinta

My photo
suRabaya, jawatimuR, Indonesia
assaLamu'aLaikum bLogwaLkeR . nggak ada yang tau beRapa Lama akuu singgahi bumi ALLAH . manusia yang punya ingatan teRbatas , dan mungkin saya takut kehiLangan ingatan daLam kenangan , memiLih beRbagi sekLumit ingatan itu meLaLui coRetan . kaRena setiap oRang (teRmasuk saya) setiap haRinya akan meLupakan sesuatu . punya banyak kekuRangan , beRusaha bwt ndak naRuh hati ke siapapun , masih jadi objek dakwah , dan akan seLaLu mempeRbaiki kuaLitas ketaQwaan . akuu suka menemukan inspiRasi daRi jaLan jaLan yang akuu LaLui dan oRang oRang sekitaR teRdekat kuu . tidak peduLi sepeRti apa kehidupan sebeLumnya , kita hidup untuk seLanjutnya , disini haRus ada peRubahan menuju NYA . aLLahumma ya muQaLLibaL QuLLub tsabbit QaLbi 'aLa diinik , yaa ALLAH yang maha memboLak baLikkan hati , teguhkan Lah akuu daLam agama Muu . yup , iniLah dunia bocah awam . yang baik daRi NYA , yang buRUk khiLaF kuu . suwun uda mampiR , saLam kenaL n keep contact yaa . (^____^") KETAWAKETAWAKETAWA . *dulu url nya adekkecenk.blogspot.com*

Sunday, December 29, 2013

:: beLajaR daRi sodaRa ibuk ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
kemaRen ada chat daRi gRoup majeLis , kayak gini nih >>

kita tak kuasa memboLak baLik hati oRang Lain , gigihLah mempeRbaiki diRi dengan dakwah , semoga jadi jaLan hidayah bagi yang Lain . aa gym ~

nah ini , (ALLAH ngasi jawaban daRi sini) yang sedang kuu gadang-gadang , untuk keLuaRga kuu .
tentang peRbaikan diRi ,
tentang taubat ,
tentang kesempatan untuk kembaLi ,
tentang akhiR khusnuL khotimah di peRjaLanan dunia .
tidak peduLi sebeRapa buRuk yang sudah dijaLani sampai saat ini ,
kembaLi  Lah , kembaLi Lah di jaLan NYA .

coRetan kaLi ini , aku mau ngajak beLajaR daRi sodaRa-sodaRa ibuk yang beRagam .
ibuk 8 beRsodaRa , ada yang sukanya taRuhan , ada yang pendidikan agamanya baik , ada yang tidak punya ketuRunan , ada yang sukses kaRiR nya , ada yang deRmawan .

kabaR yang masih hangat , daRi pakdhe wandi (kakak peRtama ibuk) .
beLiau tinggaL di desa dengan istRinya yang jugak tak Lagi sehat (budhe ndak bisa memakai ceLana sendiRi) .
pakdhe sakit keRas sekitaR 10 haRi di RS dan minta dipuLangkan saja ,
mungkin kaRna pakdhe ndak mau ngeRepotin anak2 nya ,
teRkait biaya , ataupun gantian jaga , sehingga anaknya haRus ijin keRja , meninggaLkan Rutinitas .
dan juga mungkin kaRna pakdhe Lebih nyaman di Rumah , bisa meLihat anaknya , cucunya dan istRinya yang peRnah mbeLa-mbeLain naik ojek buat ke RS , padahaL kondisi badannya ndak memungkinkan .
sempat ada kabaR , kaLo pup nya pakdhe sudah hitam (kata oRang2 ini tanda2 uda deket) .
pakdhe sempat dikiRa meninggaL sama anaknya .
tapi teRnyata masih ada yang ditunggu mungkin , sodaRa2 nya .
pakdhe sendiRi , seteLah sadaR sempat biLang gini ke anaknya "tuLung deLok'en sikiLku sek podo tah nggone ambek sak guRunge? engkok pas saLah ndekek'e"
(hembok , Lak yo hoRoR seh)
kesannya itu nyawa pakdhe kok keLuaR masuk gitu ya .
kata anaknya , beLiau masih takut meniggaL kayaknya .
"pak , ikhLas pak , sinten sing sampeyan aboti pak ? niki pun wonten Rencang2 kaLih putu2 sampeyan , duLuR2 deReng wonten sing mRiki"
sodaRa2 yang Lain kesusahan kesana , kaRna jaLan mau ke desa pakdhe banjiR nya ndak ketuLungan . kudu muteR2 nyaRi jaLan aLteRnatiF .
nah , pas sodaRa2 uda pada disana , beLiau uda kayak oRang sehat ajah , menyaLami dan meminta maaF ke sodaRa2 , beLiau ceRita2 , ingatannya masih kuat tentang kebaikan2 sodaRanya (agak ndak Logis , abis dikiRa meninggaL , Lha kok maLah kayak oRang sehat) .
semua beRgantian ngebacain yasin dan doa doa , pakdhe sendiRi masih Fasih nyebut nama NYA , ndak kayak oRang sakit .
sempat tante sama om kuu , mau ngebawa pakdhe untuk beRobat di sby ajah , dan pakdhe pun mau . pas mau subuh itu , uda geLisah minta ndang ke sby . sampai akhiRnya , ngeRasa di dadanya panas . panassss . anaknya beneR beneR siaga , jangan sampek ada yang ninggaLin beLiau , beneR beneR nuntun beLiau teRus , mengingatkan pada NYA , nyebut nama NYA .
kakinya sudah dingin .
teRhenti di dada , panass , teRsengaL , pandangan beLiau meLihat ke atas .
panass .
sambiL tetap teRus dituntun anaknya untuk menyebut NYA .
dan beRakhiR baik .
semua sodaRa sudah ikhLas waLau masih ada aiRmata .
aiRmata nya Lebih ke haRu dan syukuR , kaRna akhiR hidupnya masih mengingat NYA .


ada bebeRapa yang aku catet :
1. oRang tua , bagaimanapun Rasa sakitnya , masaLahnya , kesusahannya , pasti ndak mau ngeRepotin anak . sebaLiknya , sekeciL apapun apa yang dia punya , pasti dibagi untuk anaknya . haRusnya otomatis , kita sebagai anak haRus sadaR diRi , ini bukan Lagi tentang bagaimana kita membaLas apa yang sudah diLakukan oRang tua kita sejak daRi kita beLum ada sampai saat ini kita bisa beRnapas , tapi tentang mencaRi Ridho NYA .

diRi yang penuh keteRbatasan ini , beRniat dan seLaLu meRajuk pada NYA , agaR bisa meRawat , menjaga oRang tua , sampai di akhiR peRjaLanan saLah satu diantaRa kami .

2. haRusnya , sodaRa2 ibuk yang masih beLum di jaLan NYA , meLihat kejadian ini , mengambiL hikmah , dan segeRa beRtaubat . aku sedih kaLo ngeLihat pakdhe dan pakLek yang ndak punya anak , bagaimana kehidupannya yang makin menua , siapa yang ngeRawat saat beLiau2 sakit dan pada peRjaLanan akhiRnya nanti sapa yang nuntun . aku sedih kaLo ngeLiat sodaRa ibuk yang sukses namun pendidikan agama untuk keLuaRgnya tidak dipeRhatikan , hubungan dengan sodaRa pun FoRmaLitas , emaaan gitu . aku sedih kaLo ngeLiat sodaRa ibuk yang deRmawan , seRing dibohongin Rekan keRja nya dan tetap baik , namun semua kebaikannya ndak diLengkapi iLmu agama , emaaaaaaannnnn banget . dan ibuk sendiRi , aku bangga sama beLiau , pendidikannya hanya sampai SMP , tapi semangat ibadahnya dengan keteRbatasan iLmu yang di punya , beLiau mau mengamaLkan . ada jugak sodaRa ibuk , pakdhe yang pemahaman agama nya baik , mungkin aku haRus meLuangkan waktu sowan sendiRi ke beLiau , shaRing tentang sodaRa2 , kaRna beLiau dituakan dan mungkin didengaR oLeh sodaRa2 yang Lain .
tidak peduLi sepeRti apa kehidupan sebeLumnya , kita hidup untuk seLanjutnya , disini haRus ada peRubahan menuju NYA .

diRi yang penuh keteRbatasan ini , pengen semua guyub , teRaRah , kembaLi di jaLan NYA , beRsama .

aku ceRita ini , bukan untuk membuka aib , namun membagi gambaRan nyata , kaLau nanti kita juga akan meLaLui haL haL yang sepeRti ini .
menua , badan tak Lagi bisa meRawat sendiRi , saat pasangan pun tak Lagi mampu mensuppoRt , saat anak anak kita haRus membagi waktu untuk keLuaRga keciLnya , kaRiR dan menjaga kita , saat teman yang juga sudah menua , saat haRta tak Lagi bisa membeLi soLusi atas peRmasaLahan , apaLagi yang bisa diandaLkan ? siapaLagi ?

taubat dan ibadah jangan nunggu diRi menua , apaLagi pas mau naza' . na'udzubiLLah .

doa , sudah pasti ada untuk meReka , pinutuR pun sudah , contoh Laku juga , namun kenapa beLum ada hasiL ?
bagaimana dengan hidayah ?
takut beRLindung dengan istiLah ini .
sekitaR biasa menjawab , yaa emang beLum dapet hidayah .
iya , tapi kan bisa jadi daRi kitanya ada yang peRLu dikoReksi .
mungkin , haRus dimaksimaLkan Lagi .
ini masih jadi PR .

semoga ALLAH memampukan dan mengizinkan ~

No comments:

Post a Comment