pengabdi peRindu pecinta

My photo
suRabaya, jawatimuR, Indonesia
assaLamu'aLaikum bLogwaLkeR . nggak ada yang tau beRapa Lama akuu singgahi bumi ALLAH . manusia yang punya ingatan teRbatas , dan mungkin saya takut kehiLangan ingatan daLam kenangan , memiLih beRbagi sekLumit ingatan itu meLaLui coRetan . kaRena setiap oRang (teRmasuk saya) setiap haRinya akan meLupakan sesuatu . punya banyak kekuRangan , beRusaha bwt ndak naRuh hati ke siapapun , masih jadi objek dakwah , dan akan seLaLu mempeRbaiki kuaLitas ketaQwaan . akuu suka menemukan inspiRasi daRi jaLan jaLan yang akuu LaLui dan oRang oRang sekitaR teRdekat kuu . tidak peduLi sepeRti apa kehidupan sebeLumnya , kita hidup untuk seLanjutnya , disini haRus ada peRubahan menuju NYA . aLLahumma ya muQaLLibaL QuLLub tsabbit QaLbi 'aLa diinik , yaa ALLAH yang maha memboLak baLikkan hati , teguhkan Lah akuu daLam agama Muu . yup , iniLah dunia bocah awam . yang baik daRi NYA , yang buRUk khiLaF kuu . suwun uda mampiR , saLam kenaL n keep contact yaa . (^____^") KETAWAKETAWAKETAWA . *dulu url nya adekkecenk.blogspot.com*

Monday, November 10, 2014

:: novembeR ::

*akan selalu diupdate sampai november berakhir

1 : berangkat kerja kagak pake helm , gak telat ngantor
2 : ndak ikut ngaji habib , kabur dari bimbingan , batal puasa gara gara bersih bersih rumah yang udah ditinggal berbulan bulan , nunjukin rute rute jalanan ku ke ibuk
3 : pulang
4 : menyapa pagi seperti dulu , melewati rute perjalanan yang dulu
5 : seharian ngebaca artikel tapi tak membuahkan artikel , ndak sempat hafalan hadits , sebelum tidur disisirin ibuk , padang mbulan , keinget inget penggalan hadits , padahal tadi giliran setor malah lupa
6 : nemenin mbak mee ketemu temen kantor yang diminta bantu thesis nya , telat ngaji css , duduk di belakang ndak denger , diceritain sama mbak mee
7 : belik kue buat majelis , sendirian bawaknya , kelamaan nunggu ibuk lagi pup , hehe
8 : ada mrb , ngempet pup , liqo libur
9 : ngaji di habib libur , nemenin bakulan nya senior ama nenek , ngasi gift kaos kakik rainbow yang jelas bakal dipake sama senior , dia seneng , aku seneng , nasibakar , aik sakit muntah dan diare , kabur dari bimbingan
10 : hari pahlawan aku kira ultah sby , salah update status bbm
11 : ngaji css nya libur
12 : ngaji arbain nya tak liburkan *gak sopan banget aku , pas ditanya asisten dokter usia nya berapa ? aku tetep njawab 23 sambil senyum2 , bener kan ya genap 3 windu nya pas tgl 15 , haha
13 : gak mau nganter ibuk ke pasar , takut telat , pulang kantor minum es dawet , dibeliin aik bakso , salah ngechat ampek bolak balik ke ubay sama senior , pusing
14 : lega group mar jadi 1 , kayaknya perlu periksa mata , ngaji di ghuroba malah ambil arahnya ke sekre css , besok aik ada acara kantor ke malang sampek senin , menuju 3 windu
15 : hai , 3 windu , panen doa , makasii aik , emes , ebes , ochig , wence , nenek , senior , em , aconk , katak , cethox my twins , penghuni pakis . cukup cakue dan rotigoreng , nemenin dek int liat abdul dan hujan pertama di kota , so sweet nya DIA . moving ke tumblr . ini posting terakhir di blog .
16 : kabur dari bimbingan , bersih2 genteng , nggelepar di lantai , pindah ke bangku , ebes nanyak sesuatu pas aku tidur , cuma bisa njawab dalem mimpi , mulut ku ndak mampu ngucapin
17 : matacapek, bisa tidur kapan aja dan dimana aja , pas motoran dipepet orang dua kali -,- padahal gak ngebut dan berkendara sewajarnya , masgun menua
18 : ngeliat socmed isinya potobayek nya temen2 ama bbm naik , penghuni terakhir kantor , mau nyampaikan uneg2 tapi ndak jadi
19 : belum bikin artikel . hafalan hadits kedua arbain , aku paling lemot , kudu nulis ulang pake tulisan tangan ku dewe , teus di cocokin ama artinya , sepenggal2 , yg ini artinya ini , yg itu artinya itu , terus dibaca berulang , dihafalin . pas setor kudu dipancing dulu , misal artinya ini , terus aku inget2 ooo bhs arabnya yg ini , gitu . yg lain ndak gitu e , pokoknya hafalan aja . aku ndak bisa kayak gitu , rasanya ngambang e . nah , waktu pulang ngaji , kan nyamperin ochig ke ruang kmhsswn , setelah dia beres2 , terus kita jalan ke parkiran . nyampek parkiran dia ngelupain sesuatu , akhirnya balik lagi ke ruang kmhsswn , aku sungkan seliweran jadi nunggu doank di kursi depan , pas dia keluar ruangan , jalannya itu sambil ngelunyur gitu , aku yg ngeliat dari belakang , ngakak , lha dia sambil mbopong backpack nya kayak kurakuraninja gitu , terus tak panggil , chig awakmu lapo ? trrus dia otomatis ngerem cakram sambil noleh , lho adek ?! hahaha .
20 : nyiapin hati mau ketemu walinya allah , hubabah nur . njemput ochig ke kampus c terus cus ke beit nya habib , dia yg mbonceng . pas di kenak traffic light yang luama banget hitungan merahnya deket rumah habib , yg sebenernya kita cuma tinggal beberapa langkah buat belok kanan , tapi ndak bisa karna kejebak diantara truk2 , setelah kita ngitung2 dan memantapkan hati , ayowes cukup , kita nyelip disela sela 2 truk , ciyus itu bener2 mefet muat cuma 1 motor plus 2 penendara doank . pecah banget men . aku kan ekspresif ya , nah itu ala  ala jebraw nya keluar , hihi . untuk cerita2 lainnya terkait ngaji dengan hubabah , kayaknya mending bikin postingan sendiri deh , ntar disini penuh , hehe . pulang ngaji dimarahin , soalnya malem . seperti biasa .
21 : mataku bengap maksimal cyin , makanya ndak berani ngelepas kacamata yg biasanya tak pake kalo pas lagi nyetir doank . daripada ntar temen2 kantor pada kepo , nisa galau , abis nangis ya . aku lagi males njawab pertanyaan2 begituan . nyobain susu goreng dagangan nya koko , dia yang nganter ke kantor , mayan rasanya manis , kayak fla digoreng gitu . upload sugornya di ig , ada mbak sinema yg komen , aku tau dulu dia sukak sama koko , aku tau dia niatnya mancing nggojloki , cuma garing , cegek dewe , lha aku nya santai wae kan soale , lha ancen wes biasa kok , haha .
22 : liqo libur karna ustadzah ada acara di kantor , uda dicariin pengganti tapi pada ndak bisa jugak , tapi ada ngaji al hikam sama yai lukman . terus malemnya diajakin senior sama nenek ke sby carnival , pengen nyobain dermulen . yawes cus aja , karna uda 2 pekan ndak ketemu , kangen , dan beneran , nyampek sana tuh cuma belik tiket 25 rebu , ke dermulen terus pulang , haha . cupu banget . mereka mbawain gift kerudung elzatta yang bergo , hehe , suwun suwun .
23 : ultahnya able nan jauh di makassar sana . seharian nggelepar di kasur , k.o tiba2 dan mimpi aneh banget sampek kata ibuk , aku nangis mewek -,-
24 : kerja ndak ngerasain ngantuk , saking banyaknya yang diurusi . bebeb pita ndak masuk , njaga papa nya di rs , jadi kerjaannya dia aku yang handle , padahal selama ini kagak tau apa2 ama kerjaan nya dia , haha . wes pokoke dihadepi lah . ama disuruh mbantu mas zaza jugak . kerjaku macam serabutan , bidikmisi kembali lah nak , mimin muu ini kangen *alah . oiya artikel di islampos uda diposting . terus abis maghrib tak sempetin mampir ke rs , mumpung masih bisa . pokoe aku kalo ada sekitar yang sakit , kudu mengupayakan hadir njenguk . mboh yo gak ngerti kenopo , sukak ae dateng sambil mbawain maeman , soalnya aku wes hafal banget posisi orang di rs atau orang yg lagi sakit gitu itu , mengabaikan kondisi , yg males makan lah -,- , pasti seneng kalo ada yang njenguk , nemenin ngobrol , sharing pengalaman , sedikit pukpuk . padahal dulu , anti bangt ama yg namanya RS dan sepaketnya , hihi .
25 : papa pita uda pulang , tapi mama nya ikutan drop . moga moga emes baik baik aja nemenin ebes kontrol sampai 4 hari kedepan , ngeliat orang buanyak di rs . demam =/
26 : sarapan nasikuning , recording buat salah satu biro yang dibikinin video iklan kayak punya ikhram , diminta jadi dubber alias voice over kayak ikhram . gimana bisa setor hafalan , baru mbaca hadits nya pas abis sholat ashar , huwo nisa -,- .
27 : biasanya nunggu ngaji malem di kantor , tapi ini pulang , mbeliin lauk buat penghuni rumah , baru deh berangkat ngaji . pas pulang kantor , dapet suguhan nasikuning dan ada susu jugak . terus pas pulang ngaji , ada nasikuning lagi , niatnya sih ndak tak maem , tapi tak cuwil tak cuwil , lama lama abis , hihi . ada tetangga yang lagi syukuran putra putrinyab. alhamdulillah , pekan ininuda maem nasikuning 3 kali . gluduknyee ruar biase .
28 : hari ke empat nganter bapak kontrol ke rs pagi buta *alah . mumpung masih bisa . idung buntu .
29 : jadi tadi itu ada mrb dan tugas ku beralih lagi , yang biasa nya cuma 350 kata jadi 500 kata , hahaha . alhamdulillah yang liqo ada 5 orang . pulang ngaji keujanan kebles , pertamakali nya keujanan pas otw , pas pake sweater abu yankes sih . dibeliin aik susu tenggorokan ngalor ngidul rasanya .
30 : november berakhir . fix pilek . kemungkinan ini postingan terakhir . pindah ke tumblr .

:: aku ingin pulang juga ::

lebih baik aku mendengar dia memarahi ku yang pulang ketika sudah malam
saat aku ndak mau bersih bersih
saat aku males nyuci
saat aku disuruh ini itu tapi mengabaikan
daripada aku harus menghadapi kenyataan kalau kita di atap yang berbeda .

ibu , aku ingin pulang , aku ingin bersama mu .

aku terbiasa melihat mu sudah pulas
atau masih nonton tv saat aku pulang dari kantor
atau kadang kau menyambutku dengan cerita keletihan dan kekecewaan dalam seharian di rumah
engkau seperti dunia lain bagi ku
memberi perspektif lain .

ibu , aku ingin memeluk muu .

bercerita bagaimana sehari hari yang aku lewati
tapi aku takut membuat mu khawatir
menambah beban pikiranmu .

aku hanya ingin kau melihat
kalau aku baik baik saja
benar benar dalam keadaan terbaik .

aku gembira
aku tidak letih
aku tidak secerewet mbak .

sesungguhnya aku sedang menahan bu .
bertahan .
itu saja .

bagaimana ini , airmata ku tak bisa berhenti
aku tidak ingin orang kantor tau kalo aku menangis berkeluh
aku masih harus berpikir
memutar otak
hasilkan kata kata buat artikel
dan kpi yang tidak pernah 100 persen
tak guna ada grade
tak guna pula pegawai tetap
karna semua subyektif .

inilah hidup ku bu
aku percaya , ALLAH MAHA ADIL .

ibu , aku ingin hidup dengan ketenangan
bukan kebencian atas laku orang orang sekitar

hadapi dengan iman
aku butuh doa mu , ibu ~

Monday, October 13, 2014

:: sekitaR kiRa aku baik ::

Aku tidak sebaik itu.

Jangan hanya karena penampilan dan kelakuanku yang terlihat baik, lantas sekitar langsung menilaiku sebagai seseorang yang baik.

Sekitar tidak tahu kan, bagaimana aku yang meminta-minta pada ALLAH untuk mengampuni kesalahanku?

Sekitar juga tidak tahu kan, bagaimana aku harus hidup dengan helaan nafas yang berat, karena setiap hari aku harus membawa serta kesalahan yang kuperbuat?

Dan sekitar pasti tidak tahu, bagaimana aku harus memerangi diriku sendiri untuk tidak melakukan kesalahan yang sama?

ALLAH lah yang Maha Baik , ALLAH yang menutup itu semua dari sekitar .

Aku… tidak pernah sebaik itu.

Sunday, October 12, 2014

:: puLang ::

:: so , what do you think ? ::




saLah satu kutipan tuLisan gunadi yang di suaracerita-kan dan dibuat pict kayak gitu untuk ig nya .

what do you think ?

biLa meLihat daRi FiLm yang peRnah ada , "memang demikian" =)

biLa meLihat daRi sekitaR , aku tidak beRani mengatakan "memang demikian" , bebeRapa Fakta nampak sesuai dengan kesimpuLan itu namun meReka bias . kaRena antaRa Laki Laki dan peRempuan , saat dikatakan dekat , itu teRgantung tujuan nya .

ada yg menjadi dekat kaRna saLah satu diantaRa nya memang beRniat untuk pedekate dan ke jenjang yang kalo di social media biasa disebut "ReLationship with" .

ada yang menjadi dekat kaRna satu FRekuensi atau sama sama menyukai suatu haL , tidak meRencanakan untuk menuju "ReLationship with" . disatukan kaRna sama sama mencintai sesuatu .
itu saja .

LaLu saat saLah seoRang daRi sekitaR mengatakan , kaLau pengaLaman nya yang LaLu pun begitu , dan yang beRtahan hanya ke aku .
baRuLah teRpikiRkan , aku pun peRnah ada di kategoRi peRtama , namun aku pada sekitaR dominan di kategoRi yang kedua . dan itu kaRena "niat awaL" .
pada nya , "niat awaL" ku adaLah beLajaR .
itu saja .

Monday, October 6, 2014

:: CINTA ::

bismillahirrahmanirrahim ,

assalamualaikum blogwalker ,
sejak tumblring tulisan tulisan si gun , aku jadi jarang nulis di blog . iya , karna merasa apa apa yang dia bagi , sudah mewakili apa apa yang aku alami , pikirkan ataupun rasakan .

hingga pada percakapan yang nggak seharusnya ada di siang bolong menjelang sore , percakapan yang lebih syahdu saat malam yang kemudian dini hari nya instropeksi diri , lalu pagi nya bangun dari tidur dengan pemahaman yang baru . aih tidak . sekali terungkap di saat terang maka , semua nya menjadi lebih logis .

ini yang aku pungut ,
ini bahasan tentang CINTA .
yang pada masa kini , pada generasi kekinian ,
CINTA ,
hanya bisa mengeja ,
hanya bisa mengenal ,
hanya bisa merangkai ,
huruf A K U , K A M U atau K I T A
penuh keterbatasan kan ?

Tidak usah di pikirkan , kadang CINTA memang datang secara tiba tiba tanpa pernah kita menyadarinya .
Bagi para peCINTA , ia tak lagi merasakan panas dan dingin bahkan tak bisa membedakan keduanya karena yang ia rasa dan yang ia tau hanya CINTA .
Lantas bayangkan jika yang ia CINTA adalah Sang Maha CINTA dan Sang Nabi CINTA , alangkah indah hidupnya .
Ia bahkan tak mengenal selain CINTA .
Bagaimana Rumi dengan Syamsuddin Tibriz ?
Bagaimana Rasulullah dengan Abu Bakar Assidhdhiq ?
Bagaimana Rabiah dengan Tuhannya ?
Bagaimana Ismail kecil dengan ayahnya ?
Mereka hidup bersama CINTA .
tapi kini , ia dizalimi .
Hingga di sebagian kita memudarlah makna CINTA .
Tapi sesungguhnya mudah saja mengenalinya .
Jika engkau melihatnya apa adanya , begitu suci nuansanya , tak ada rekayasa ,
ya , itulah CINTA .
Ia sama di setiap keadaan .
Memberi , berbagi , dan berkorban .
Bukan meminta , mengharap dan menuntut .
Sedemikian indah Allah mencipta CINTA agar manusia mengerti untuk apa mereka dicipta .
Hingga pada saatnya manusia harus menyadari bahwa CINTA tak hanya mengajari mereka tersenyum , tapi juga meneteskan air mata .
Karena tak selamanya air mata itu memilukan tapi dalam CINTA ia memiliki makna nya sendiri .
Jangankan air mata, ruh pun tunduk pada CINTA .
Maka cukuplah kiranya jika Allah hanya menciptakan CINTA sebagai satu rasa bagi makhluk makhluk Nya .

bagaimana dengan A K U (perempuan) dan K A M U (laki laki) ?
CINTA hanya boleh nampak setelah K I T A menikah .
sudah kuu bilang , penuh keterbatasan kan ?

ini pemahaman yang baik , sudah terima saja , nanti kau kan menuai berkah nya ~

Wednesday, September 10, 2014

:: hidup kita di hujan matahaRi ::

teRingat kata sekitaR yang intinya aku pahami demikian ,
kaLau apa yang diucapkan , apa yang disampaikan , itu akan diuji . maka beRhati hati Lah .

entah kenapa , aku hoRoR sekaLi memahaminya . kenapa begitu ketusnya . begitu sensitiF nya . tidak bisakah kita beRpikiR sepeRti ini , 

" Hidup ini tidak semudah kata-kata dalam tulisan. Siapa bilang seseorang yang menulis tentang hidup, ia mampu melakukan apa yang dia tuliskan. Kadang dan mungkin sering, apa yang dia tuliskan adalah hal-hal yang sebenarnya dia ingin lakukan. Dan di keseharian. Dia tidak bisa melakukannya, memendamnya, tidak bisa menggerakkan langkah kakinya.
Hidup ini tidak semudah kata-kata dalam tulisan. Tidak ada yang pernah tahu apa yang terjadi dibalik proses mengalirnya kata-kata. Ada yang harus menderita bertahun-tahun. Ada yang harus ketakutan bertahun-tahun. Ada yang harus bersembunyi dari setiap orang. Takut melihat dunia. ... kg "

bukan kah , kadang kita meRasa paLing tau tentang seseoRang yang menuLis , LaLu saat kita mendapati seseoRang itu tidak sesuai dengan apa yang dituLiskan , mudah saja kita mengatainya tidak konsisten , munaFiQ . 


sesungguhnya seseoRang itu juga sedang beLajaR sambiL beRbagi
jangan menuntut
doakan saja Lah
itu Lebih menenangkan hati dan pikiRan ~



kenapa seLaLu mengoReksi kejadian sekitaR muu ?
peRhatian atau peduLi itu beda tipis dengan mudahnya mata meLihat kekuRangan sekitaR muu .
dan membuat semakin sukaR meLihat kekuRang diRi , menjadi buta ~

Tuesday, September 9, 2014

:: peRLu beRtanya ::

" cinta bisa mengubah kehidupan seseoRang secaRa tiba - tiba , tidak peduLi dia Laki - Laki atau peRempuan . kadang cinta membuat peRjaLanan hidup seseoRang menjadi tidak Logis . jika kita mempeRtanyakannya , mungkin kita peRLu beRtanya pendapat oRang Lain tentang diRi kita ketika kita mengaLami cinta itu sendiRi . mungkin saja kita juga dianggap tidak Logis "

haLaman 72 di hujan matahaRi


mungkin di bagian ini Lah , seseoRang memeRLukan seseoRang Lainnya sebagai peneguR nya .

peRnah biLang , cuRhat Lah pada oRang yang tidak sedang jatuh cinta pada makhLuk . nasihat nya Lebih beRsih .

kaLo tiba waktunya akuu jatuh cinta , kayak gimana yaa . . . ?! hhaha ~

Monday, September 8, 2014

:: suRat di hujan matahaRi ::

bLogwaLkeR , aku teRhenti di haLaman ini
teRingat sekitaR ~

:: saya ::




aRek anyaRan

anak kemaRen soRe

aRek jek tasan


yang satu daRah saja mengatakan sepeRti itu ~



pikiRkan Lagi biLa mengenaL kuu .
peRtimbangkan Lagi biLa beRi kuu amanah .

Saturday, September 6, 2014

:: jangan naksiR ::

:: hujan matahaRi ::



buku indie ini tak hanya tentang santun nya bahasa ,
tapi tentang ketuLusan beRbagi pembeLajaRan daRi NYA ~


suwuunn ~

:: beRubah ::

sekian Lama membeRsamai
baRu saat ini
meRasa benaR benaR
" beRubah "
haL yang diRi takutkan
iya ,
peRubahan , ditinggaLkan , teRLupakan
menyedihkan .
tidak ,
diRi ini kan bayangan ~

:: bm akan beRakhiR ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,

seteLah ngobRoLin keRjaan proyek Lain , giLiRan mas Robi duduk di sebeLah meja ku . dan sampai pada ucapannya yang begini , beLum tau tahun depan bidikmisi bakaL tetep ada atau ndak . biasanya buLan buLan gini ini , uda ada anggaRannya , tapi sekaRang masih geLap . aku kaget banget . Lha teRus mas , kasian dong yaa yang uda siap siap mau ikutan . yaa daRi anggaRan kan uda sehaRusnya 20 % buat pendidikan , ya mungkin ada beasiswa Lain tapi bukan beRupa bidikmisi .

LaLu aku bicaRa ke team Lead kuu , ayip .
kaLok bidikmisi gak ada , beRaRti waktunya mimin Resign . tiwas yo yang kemaRen kemaRen ada yang nanyak , bidikmisi 2015 kapan dibuka , aku jawab sekitaR desembeR .

Fuhh .

daRi sini , pandangan kuu adaLah , 
keRjaLah sebaik baik nya , karna tidak seLama nya ~

:: suRpRise NYA ::

bismiLLahiRRahmaniRrahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,

sabtu itu jadwaL nya ngaji aL hikam sama yai LuQman di masjid agung . iya , kajian ini punya andiL besaR saat hati kuu sedang kRitis bebeRapa tahun LaLu . dengan atau tanpa teman , seLagi tidak ada tugas Lain , tentu aku beRangkat .
mbak juga biLang nanti dateng , janjian ketemu disana .
sepuLang kantoR , beRsih beRsih sebentaR , teRus cus .
senioR sama nenek , kalok bisa juga ikut , ntaR abis ngaji cus nemenin senioR beLik baRang .
sampai disana , ngajinya uda dimuLai . sepeRti biasa , jaLan menuju masjid agung , muacet .
tengok2 , ndak nampak temen putRi majeLis , ataupun si mbak -,-  .
nenek sih biLang nya kenak macet , dan pasti ndak nututi ngaji nya .
entah kenapa , saat itu keadaan kuu sedang meRasakan kosong . padahaL semua tetap beRjaLan sepeRti biasa .

sampai ngajinya seLesai . satu peR satu jamaah meninggaLkan duduk nya . ada yang membagi senyum , beRbincang menyapa jamaah Lain . ada yang siap siap ambiL wudhu , ada yang puLang juga .
aku masih di tempat duduk kuu . tak beRanjak hanya memandangi meReka yang membuat sajadah ini Lengang .
aku sepeRti kembaLi di keadaan bebeRapa tahun LaLu .
disini . daLam upaya mengobati hati . sedih .

sebaiknya segeRa ambiL shaF shoLat , dan menyeLesaikan haRi ini LaLu istiRahat .
saat akan Qomad , takmir masjid mengarahkan kami untuk maju ke shaF paLing depan , yang biasa digunakan putRa . ada apa ya ? oh teRnyata shoLat maghRib kali ini spesiaL , kaRna di imamin sama syekh aLi saLeh muhammad aLi jabeR . aku Langsung menajamkan pendengaRan . aku ndak saLah dengeR kan . itu nama Lengkap syekh aLi kan . LaLu aku Lihat ke tempat imam , benaR ! itu beLiau . bagaimana tidak , aku Langsung nangis saat itu . sudah Lama tidak beRjumpa , ngaji dengan beLiau . aku memuji muji ALLAH , jadi ini . Engkau tidak mau meLihat kuu sedih kaRna tak ada seseoRang di samping kuu bukan . tapi aku tetap peRgi ke taman suRga Muu . LaLu Engkau beRi aku suRpRise sepeRti ini . bisa beRtemu , shoLat maghRib dipimpin beLiau , LaLu mendengaR tausiyah beLiau , dan shoLat isya dipimpin beLiau . hati ini sepeRti disiRami kesejukan . Rasa yang tadi sedih , kini sepeRti sia sia tak ada aRtinya . beRuntung nya akuu .

bebeRapa poin daRi tausiyah beLiau , membahas tentang saudaRa saudaRa di paLestina , bagaimana sejaRah nya . iya , kita disuRuh beLajaR tentang sejaRah . dan juga taFsiR suRat an nuR ayat 55 dan 56 . diantaRa coRetan saya saat ngaji ,

" allah TELAH menjanjikan orang orang diantara kamu yang BERIMAN dan yang mengerjakan kebajikan ...
IMAN yg mnjauhkan dr sifat munafik , yg tdk mmbawa mereka sifat basabasi .
kenapa ndak disebutin diantara kamu yang beramal sholeh ? krn amal sholeh umat islam selalu nambah tapi ndak dgn imannya .
bukan masalah amal , tapi allah minta murni iman . sebab adanya iman yg menggerakkan amal , walopun sedikit .
inget muhasabah , berdzikir = tanda orang beriman .
sampek nangis .
misal , abis tahlilan tp bicara fitnah sana sini .
bukan amal sholeh yg diperiksa tapi iman .
iman kita yang bermasalah .
misal , kenapa sahabat ringan kalok sholat subuh atau malam , sedangkan kita beraaat .
bukan masalah berbeda amal tapi berbeda iman .
bukti iman lemah , kita tidak percaya rizki .
(pergi ke dukun)
padahal rizqi sudah ditetapkan allah , takkan tertukar . bahkan nafas itu juga termasuk rizki .
kekuasaan bukan dtang dari ketakutan orang lain , tetapi didapat dari kesempurnaan iman kita .
taubat lah pada allah org beriman .
ada keberkahan islam . "


demikian ALLAH mengubah Rasa kosong menjadi teRaLihkan oLeh Rasa Rindu ,
Lalu peRtemuan menjadi penawaR nya .
ALLAH maha pembeRi suRpRise ~

:: ummi kuu menikah ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,

bebeRapa waktu LaLu , saat beRbincang dengan ibuk di teLepon . beLiau membeRi kuu kabaR , kaLau mama nya ummi (hanintud) tadi ke Rumah , membeRikan undangan peRnikahan , 1 untuk kuu dan 3 Lainnya untuk nenek , aconk dan mas haLim . tentu saja aku setengah kaget , setengah mendapat jawaban . LaLu ibuk beRtanya , Lho dimana dia sekaRang , di undangan nya ada tuLisan nita dan bima . LaLu kuu jawab , iya aku sudah Lama ndak beRtukaR kabaR . iya , mas bima senioRnya di kampus tapi beda juRusan . LaLu ibuk ada tambahan , kok temen temen muu pada nikah , yang kemaRen itu siapa ? "temen kuLia d3" yang besok siapa ? "temen kuLia s1 sekaLigus adek keLas sma . yauda ya buk . makasii . saLam .
yaa makLum aja , seteLah LebaRan undangan nikah numpuk di Rumah . pantas Lah ibuk nanyak nanyak .

aku kabaR kan ini ke teman teman yang diundang .
ada bebeRapa peRcakapan dengan aconk , sampai dimana aku biLang . " ya , ituLah Rahasia jodoh . kita doakan yang teRbaik buat ummi . "

kaRna aku sudah putus kontak , aku sampaikan meLaLui pesan FB , undangannya udah nyampek ummi T___T
sebagian peRcakapan kami ,
btw , akhiRnya aku menikah :) . kamu kapan nyusuL ? ama ... ya ? hehehe . eh ngomong ngomong kamu kok sedih emotnya ? kecepeten ya nikah ku ? atau kamu kaget kaLo aku jadi nikah ama mas bima ? hehe .
aku disini uda nggak shiFting . jadi masuk pagi teRus . nanti kamu baLes ngasih undangan ke aku Lho ya ? hehe .

daRi tuLisnya , semoga dia daLam keadaan bahagia seLaLu .
semoga semua hajat dan niat baik nya LancaaR .
aku Lega meLihat ummi begitu . beLajaR daRi kisah hati nya ummi , sedaLam apapun Rasa itu , biLa tak Lagi beRsama , maka beRanjakLah . jangan beRLaRut kaRna akan menutup pintu yang Lain . pintu yang dibaLik nya ada niat baik , dengan peneRimaan tanpa penyesaLan .

teRima kasih atas kesabaRan mas bima :')
semoga dimudahkan seLaLu Langkah meReka kedepan , diLindungi untuk tetap dijaLan NYA .


maav atas khiLaF tutuR dan tingkah :')
aku sayang ummi :')



Sunday, August 31, 2014

:: tidak bisa menuLis coRetan tentang ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,
assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
sebeneRnya banyak yang pengen akuu tuLis ,
coRetan tentang ummi . daRi kisah nya , aku beLajaR tentang cinta dan Rahasia jodoh .
coRetan tentang yuni , saudaRa sepupu daRi keLuaRga bapak . daRi kisah nya aku beLajaR mukjizat ALLAH dan kematian .
coRetan tentang syekh aLi . daRi kejadian ini , aku beLajaR bahwa ALLAH itu maha pembeRi suRpRise .
coRetan tentang bm . daRi kejadian ini , aku beLajaR tentang pekeRjaan yang dimiLiki , keRjaLah sebaik baiknya , kaRna tidak seLamanya .
dan ,
coRetan tentang bapak .  daRi kejadian ini , aku beLum tau akan beLajaR apa aja .

kaRena itu ,
aku tidak bisa menuLis .
tidak bisa .
memastikan nya agaR tetap nyaman dan ingat DIA di sepanjang waktu jaga kuu .
menangis sejadi jadinya pada sandaRan tempat tiduR , dibaLik kuRsi , dan bumi seLuas sajadah .
tidak tahu sebab apa .
aku habiskan saja Lah , agaR saat esok teRang , jumpa dengan oRang , aiRmata itu takkan bisa keLuaR .
aku haRus jadi penebaR viRus tegaR , yang di daLamnya ada Ridho dan sabaR ~

Tuesday, August 26, 2014

:: anak anak beRbohong ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,

assaLamuaLAikum bLogwaLkeR , waktu tumbLRing aku nemu uLasan ini , aLhamduLiLLah bisa buat pengetahuan aku waktu ngadepin bocah bocah .


6 ALASAN MENGAPA ANAK BERBOHONG


“Mbak Sum yang pecahin vas Ibu,” kata Sissy, ketika ibunya bertanya siapa yang memecahkan vas bunga di ruang tamu. Lain waktu, gadis berusia 5 tahun ini juga berbohong di sekolah ketika ia tidak membawa boks makanannya. “Ibu tidak masak di rumah.”


Mengapa berbohong?


Runutan kejadian ini membuat orang tuanya mengkhawatirkan putri kecilnya. Apa sih yang membuat anak berbohong?

1. Takut disalahkan
Mungkin anak memiliki pengalaman buruk tentang bagaimana menghadapi kesalahan. Jika anak pernah dipojokkan dan merasa “terhukum” ketika bersalah, anak akan memilih berbohong untuk menghindari hukuman, tanggung jawab, atau takut disalahkan.

2. Ingin terlihat lebih hebat
Ego anak Alasan lain ketika anak berbohong, ia ingin terlihat lebih hebat dari yang sebenarnya dan ini terjadi pada anak yang sering dibandingkan dengan anak yang lain.

Rasa kurang percaya diri membuat anak bereaksi ingin mengesankan bahwa dirinya lebih dari yang sekarang. Apalagi saat  berada di lingkungan kelompok sosial yang hebat.

3. Merasa tidak punya pilihan
Anak-anak yang berada dalam pola asuh yang kontrolnya terlalu kuat atau orangtua bersifat otoriter, selalu berpikir kesalahan adalah sesuatu yang tidak terampuni. Ketika melakukan kesalahan, anak akan merasa selalu dibayangi ketakutan akan risiko kesalahan.

4. Tidak ingin mengecewakan
Orang tua biasanya selalu berharap anaknya mencapai kemampuan yang optimal, berprestasi di sekolah, dan sebagainya. Kondisi di mana orangtua senantiasa menanamkan ekspektasi yang tinggi ini dapat membuat anak berbohong. “Dari pada ayah/ibu kecewa, lebih baik berbohong.”

5. Merasa tidak dihargai
Tanpa kita sadari, sebagai orang tua kita seringkali hanya memperdulikan hasil, tanpa mempertimbangkan proses. Sikap orang tua yang seperti ini membuat anak memilih berbohong, karena anak merasa tidak dihargai.

6. Kurang memiliki ruang
Anak menginginkan keleluasaan aktivitas, yang kadang dianggap orang tua sebagai tidak disiplin. Misalnya saja saat ia ingin bermain, justru pada waktu yang sama ia diharuskan tidur siang.


Bagaimana menghadapinya?


Ketika mendapati anak berbohong, ajak anak bicara dari hati ke hati, sediakan waktu lebih banyak untuk menjalin komunikasi dengan anak. Katakan bahwa Anda sangat mempercayainya, dan sebaiknya kepercayaan ini dapat dipegang oleh anak.

Beri pengertian kepada anak tentang akibat dari berbohong. Ajak mereka melihat sesuatu masalah dari sisi orang lain. Katakan kepada mereka bahwa tindakan bohong tidak dapat diterima apalagi jika dilakukan untuk menyembunyikan kesalahan.

Menghukum boleh-boleh saja, tetapi harus disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak usia sekolah, hukumannya tidak boleh menonton filem kesayangannya. Namun hati-hati, jangan sampai hukuman tersebut malah menekannya.

Jika anak mengakui kebohongannya, Anda patut menghargai kejujurannya. Ajak ia berdiskusi, karena sesungguhnya mereka tengah belajar menapaki hidup. Tugas orang tua membimbing mereka.

Pada anak usia tertentu, yang anak lakukan sesungguhnya bukanlah berbohong melainkan berimaginasi. Anda mesti bisa membedakannya.

Ajari anak tentang makna kejujuran. Dan ini harus dimulai dari diri sendiri. Tanpa sadar Anda lah ‘guru’ nya, misalnya saja saat ada telepon untuk Anda, dan dengan berbisik Anda mengatakan “Sstt…bilang Mama sedang mandi.” Nah! Memang kelihatannya sepele, namun saat itulah memori anak merekam ‘pelajaran’ berbohong dari orang tuanya.

Tempatkan anak sebagai sosok yang dihargai, jadilah pendengar yang baik. Cari jalan tengah dengan memecahkan masalah bersama-sama anak.

Ketika anak berbohong, peluk dia dan katakana “Sayang, Mama tidak marah tapi kecewa dan sedih karena anak Mama berbohong. Allah tidak suka dengan anak yang suka membohongi mama dan papanya.”

 Jika anak masih berbohong ketika usianya sudah remaja, Anda mesti mewaspadainya, karena menurut Dr Michael Lewis, psikolog dari Rutgers Medical School  akan berpotensi berlanjut hingga dewasa. Jika perlu Anda mesti minta pertolongan psikolog.


senakaL nakaLnya bocah , aku puaLing suebeL kaLok ada bocah yang uda puinteR ngeLes -___-

Friday, August 22, 2014

:: untuk yang minta didoakan ::

yaa ALLAH ,
tempatkanLah kaRiR nya ,
dimana dakwah dan ummat ini membutuhkan ,
seRta daRi sesuatu itu dapat memenuhi kebutuhan nya dan keLuaRga nya


untuk yang minta didoakan ,
hanya ini kReasi kaLimat diiRingi ketuLusan hati yang bisa akuu panjatkan ~

Thursday, August 21, 2014

:: HATI menampung NYA ::

begitu mengagumkannya HATI ini ,
bahwa seLuRuh Langit dan bumi
tidak bisa menampung NYA ,
tapi HATI seoRang mukmin
mampu menampung NYA .


- catetan ngaji -

:: syukuRLah Rahasia ::

Syukurlah.
Isi hati manusia masih rahasia.
Seandainya tidak ada lagi rahasia di bumi ini.
Tidak akan ada lagi cerita bagaimana rasanya rindu yang tidak tersampaikan.
Bagaimana rasanya menunggu.
Bagaimana rasanya mendoakan diam-diam.
Bagaimana rasanya berpapasan.
Bagaimana rasanya bertemu.
Syukurlah Tuhan masih merahasiakan isi hati seseorang dari orang lain.
Jika tidak,
tentu tidak akan cerita seromantis Ali dan Fatimah,
Muhammad dan Khadijah,
lalu aku dan kamu.


nemu di catetan masgun :)

:: jangan mendikte ALLAH ::

jangan mendikte ALLAH daLam peRmintaan muu kepada Nya ,
tapi tunjukkan keLemahan muu dihadapan Nya
dan pasRahkan kepada Nya
apa yang teRbaik untuk mu menuRut Nya


- syekh Rohimuddin nawawi -

:: enampuLuhtiga ::

someone coming into youR LiFe is a big thing .
because his whoLe LiFe cLose with him .


- ost. you'Re aLL suRRounded -

:: emes ::

saengiL cukha hamnida , eomeoni


Monday, August 18, 2014

:: kuu mohon ::

setiap haRi kuu
mohon agaR Kau sentiasa
membeRiku ketenangan
daLam hati kekuatan
menempuhi segaLa
dugaan yang mencabaR ini
pasti punya aRtinya

Kau beRikan haRapan
menjawab sgaLa peRsoaLan
hadapi semua daLam tenang
hingga meRasa kesungguhan
kuu doa Kau seLaLu
mengawasai geRak geRikku
beRkatiLah
kuu penuh Rahmat daRi Muu

oh Tuhan tenangkan hati daLam sanubaRiku
untuk menempuhi segaLa hidup penuh dengan cabaRan ini
oh Tuhan ku beRseRah segaLanya kepadamu
agaR jiwaku tenang daLam bimbingan Mu seLaLu

ada kaLanya kuu meRasa hidup ini speRti kaca
jikaLau tidak beRsabaR
hancuR beRceRai akhiRnya
tabahkanLah hatiku
meLewati semua itu
kuatkanLah
jagakanLah diRiku

oh Tuhan tenangkan hati daLam sanubaRiku
untuk menempuhi segaLa hidup penuh dengan cabaRan ini
oh Tuhan ku beRseRah segaLanya kepadamu
agaR jiwaku tenang daLam bimbingan Mu seLaLu

oh Tuhan tenangkan hati daLam sanubaRiku
untuk menempuhi segaLa hidup penuh dengan cabaRan ini
oh Tuhan ku beRseRah segaLanya kepadamu
agaR jiwaku tenang daLam bimbingan Mu seLaLu


sumbeR )


saat jatuh sejatuh jatuh nya
sisakan hati kuu untuk mengingat Muu
hanya itu
kuu mohon ~

Saturday, August 16, 2014

:: kau tidak cukup peka ::

akhiR akhiR ini ,
mendapati sekitaR kuu mengadu .
meReka tak mampu untuk mengingatkan oRang yang meReka sayangi .
ini bukan meLuLu tentang hubungan Lawan jenis .
ini tentang "peRsahabatan" "peRsaudaRaan"

ada yang menyembunyikan kekhawatiRan , kesedihan , aiRmata dan membuat muu membaca Lewat goResan tinta beRisi nasihat .
sayang nya kau tidak cukup peka , untuk mengeRti maksudnya .
kau tidak cukup peka .

LaLu aku coba tanyakan , dan mendapat jawaban ,
"Da'wah itu ada krn kita adalah saudara
Da'wah itu ada karena kita satu jasad
Kita g ridho kalo ada saudara kita terjerumus k dalam jurang krn kita juga akan merasakan sakitnya
Dg pemahaman seperti itu, kita g sepantasnya ngajak saudara kita menjadi lbh baik tapi pake' emosi apalagi maksain apalagi merasa kita lbh baik dari dy
Gunakan bahasa dari hati
Kelak ketulusanmu yg menyadarkan dy
Bukan kata2mu
Sebagaimana batu itu berlubang bukan karena tetesan air yg k seribu tapi krn tetesan air ke satu hingga ke seribu
Kalo kami tanya batasan. Sekali saja sudah gugur kewajibanmu
Tapi krn kita sebagai satu tubuh, maka kita berharap benar saudara kita berubah
Kita harus faham bahwa hidayah itu milik Allah, dan kita juga harus yakin Allah Maha Melihat apa yg dilakukan hambaNya
Yg Sabar.."

seteLah aku seLesaikan tuLisan ini ,
aku haRap , yang dimaksud sekitaR , segeRa sadaR ~

:: Quote cinta ::

Quote yang ngomongin cinta . mungkin bisa membantu meLuRuskan paRadigma , biaR ndak dibutakan .


ketika kamu mencintai seseoRang , ALLAH sedang menguji muu , sebeRapa besaR cinta muu kepada NYA .
-kg-


api jika kau Letakkan di tempat yang benaR , ia akan meneRangi dan menghangatkan . namun jika saLah meLetakkannya , ia akan membakaRmu . ituLah hakikat cinta
-habib munziR aL musawwa-


mendekatkan atau menjauhkan , itu saja akhiRnya ~

Wednesday, August 13, 2014

:: tidak peRLu ::

tidak peRLu khawatiR
tidak peRLu sungkan
tidak peRLu meRasa tidak enak atau membebani
aku sudah biasa menghadapi yang sepeRti ini
daRi awaL , di posisi kuu ini
aku paham betuL apa apa yang bisa jadi aku hadapi
iya , tentunya sudah kuu pikiRkan sebeLum memutuskan
dan ini memang konsekuensi yang haRus kuu tanggung
tidak masaLah
sungguh
tidak peRLu meminta sekitaR agaR peRcaya pada kuu
meyakinkan sekitaR itu membuang waktu
toh aku kan tidak kuasa mengatuR apa apa yang diucapkan atau dipikiRkan oLeh sekitaR
semuanya bebas
aku hanya peRLu Fokus saja di jaLan menuju NYA
haRus tetap di LajuR NYA

Monday, August 11, 2014

:: beRcanda (Lagi) ::

sekitaR ngajakin beRcandaan (Lagi) .
tetapLah tenang dan semoga dibeRi kemudahan untuk meLuRuskan .
*ngomong sama kaca , pagi ini .

Friday, August 8, 2014

:: maksud ::

ada yang menyembunyikan aiRmata dan membuatmu membaca Lewat goResan tinta .
sayang nya kau tidak cukup peka , untuk mengeRti maksudnya .

-ts-

Wednesday, July 30, 2014

:: LebaRan ::

Lebaran itu tentang yang meRindu
ada jiwa yang hatinya dipenuhi kenangan saja
tak ada daya untuk menghadiRkan yang dikenang
seseoRang yang Lebih duLu kembaLi padaNYA
sekitaR yang beRcengkRama dengan keLuaRga masing masing
kaRib yang teLah meLupakan kebeRadaan
LebaRan itu menjadi kekosongan biLa kau pandang daRi yang tak ada
peRLakukan dengan baik yang ada di hadapan muu
teRsenyumLah
ini haRi baik

Thursday, July 24, 2014

:: oRang asing ::

apakah kau tujukan padaku ?
biLa iya ,
maka aku mengijinkan .

namun sebeLumnya ,
apa yang sudah kau kenaLi daRi ku sejauh ini ?
caRa beRpakaian kuu beLum Rapi
caRa bicaRa kuu masih kasaR
pengetahuan kuu , pemahaman agama kuu masih sangat minim
aku hanya pemaLas yang beLajaR hikmah daRi setiap haL yang teRjadi
aku kadang LaLai daLam peRbaikan diRi
apa kamu yakin ?

aku tak kan mengikat muu
saat ini ,
keRjakan dahuLu apa apa yang menjadi pRioRitas .
tidak peRLu khawatiR , aku pandai menunggu .

biLa iya ,
maka jangan beRaLih tujuan .


aku bisa Luangkan waktu untuk mendengaR muu ~

Friday, July 18, 2014

:: kata nya ::

ngomong sama kamu butuh kesabaRan nis .






kemudian nunduk dan nangis ~

:: jangan beRhenti meLangkah ::

Ku kira perjalanan kita sangat panjang. Kita belum bertemu, masih sibuk menyelesaikan urusan kita sendiri-sendiri. Sibuk menata banyak hal, menyelesaikan masa lalu, menghidupkan hari ini, dan merencanakan masa depan.

Perjalanan kita masih jauh. Setiap langkah kaki kita akan mendekatkan kita. Jangan berhenti :)


-kg-

:: masih cenut cenut ::

seteLah mengaLami tiduR yang aneh
kemaRin , tiket bm Lagi banyak , abis pengumuman SBMPTN
otw daRi kantoR ke haRomain ketintang , beuh , muacetnya itu sampek bisa dibuat mbaLesin wa sama sms -___-
puLang ngaji , itu wes gak kuat cenut cenut nya
cuma kaLok diLiat yo sek kayak wong sehat ngunu
nyampek Rumah , pengen istiRahat Lebih awaL , tapi ndak bisa
kepaLa kayak dicengkeRam dan badan anget
pagi tadi , kiRain uda baikan gitu ya dibuat tiduR
eee tapi ya masih
hiks , masih banyak yang haRus diseLesaikan
=|

Thursday, July 17, 2014

:: tiduR yang aneh ::

jadi ceRitanya , kan Lagi ndak shoLat , jadi aku baca-baca buku aja , tentang aswaja , ehh ketiduRan , dan baRu bangun tadi pagi .
whaaaattt ?
daRi semaLem ndak sadaRin diRi .
ndak inget semaLem ngapain aja .
dan semaleman itu aku pake seLimut , biasanya ndak peRnah .
baRu kaLi ini tiduR kayak gitu .
ngeLiat notiF gadget uda bejibuuuunn .
maav .

Wednesday, July 16, 2014

:: sebutan saja ::

sesuatu yang aku Lakukan
dia menyebutnya pengoRbanan
aku menyebutnya kebahagiaan


untuk ciptaan NYA yang kuu sayang ~



:: tuLisan ::

pada banyak waktu
tuLisan tuLisan seseoRang seLaLu ditujukkan untuk mu
maka , ketika tuLisan tuLisan nya bukan Lagi untuk mu
peRcayaLah , kau akan Langsung tahu


-ts-

:: beRbagi dunia ::

setiap manusia adaLah dunia
sepeRti haLnya saat aku Lebih senang menyendiRi
hidup daLam dunia sendiRi
menciptakan dunia daLam pikiRan sendiRi
beRgauL dengan dunia sendiRi
dan beruntungLah oRang-oRang yang menemukan dunianya di oRang Lain
tidak mudah hidup di dunia miLik oRang Lain
tidak mudah puLa dunia sendiRi dimasuki oRang Lain
tidak mudah beRbagi kehidupan , apaLagi beRbagi dunia


-kg-

Tuesday, July 15, 2014

:: make it Right ::

no one knows iF they wiLL be happy by getting maRRied to someone
dont Look FoR answeRs
Right and wRong answeRs co-exist in eveRy decision
wise people make a choice and make it the Right answeR
FooLish peopLe RegRet the decision and make it the wRong decision
theRe is no Right answeR in LiFe
theRe is onLy the pRocess to make it the Right answeR


-emeRgency coupLe-

Saturday, July 12, 2014

:: naFsu diRi ::

" sedang beRpeRang dengan naFsu daLam diRi
oLeh sebabnya ,
membatasi bicaRa dan Laku

kadang giLa biLa teRus mengekang
oLeh sebabnya ,
hanya mengingat pedoman
piLihan yang baik
beRada di tempat
dimana aku memang dibutuhkan "

-bocahawam-

Thursday, July 10, 2014

:: deaR aik ::

maav kan

atas diksi yang tak teRtata
atas ujaR yang menyakiti hati
atas Laku yang tak kunjung dewasa daRi ku

aku
menyesaL

aku hanya ingin kau tidak sepeRti kebanyakan oRang saat ini , aku ingin kau tidak mengikuti tRen yang tidak benaR , itu saja

ayok keLuaR baReng Lagi
ayok gebuk gebukan Lagi

kata ibuk , kau sangat bakti pada keLuaRga
kata bapak , kau sepeRti saat ini , kaRna peLampiasan , dampak masaduLu

LaLu aku teRingat akan angan yang peRnah meLintas daLam benak
biLa oRang tua kita teLah kembaLi Lebih duLu
aku , tentu saja hanya tinggaL dengan muu
bagaimana caRa hidup kita nanti
beRdua , saLing meLindungi , saLing memaki
entahLah
yang jeLas , kita menikmati hidup

kini kau menua Lagi
semoga dimudahkan menuju NYA




daRi setan keciL yang seLaLu meRepotkan muu ~

Wednesday, July 2, 2014

:: seakan menjadi dongeng ::

saat ini , agama seakan menjadi dongeng .
suRat Tuhan sebagai penadah debu daLam hunian .
tauLadan kekasih NYA sebatas kisah saja .
sudah kuu siapkan ceRmin teRbaik .
beRhaRap mampu menampakkan sebenaRnya diRi ini .
jangan jangan , akuLah yang khianat dengan agama yang kupeLuk sejak hadiR di bumi .
akuLah yang memiLih miLih .
meLakukan atuRan yang sejaLan dengan apa apa yang aku ingini .
meninggaLkan atuRan yang tidak sesuai dengan apa apa yang aku mau .

biLa demikian ,
bisa jadi Langit beRsyukuR kaRna tak bisa kuu Raih .
dan bumi mengumpat kaRna kuu tinggaLi ~

:: pengaRuh keRudung ::

Lagi-Lagi di tumblr masgun .
menemukan uLasan simpeL bagi bLogwaLkeR yang phobia atau membatasi dengan uLasan yang agamis (dengan daLiL daLiL) .
kaLau masih enggan beRbenah , mungkin giLiRan ALLAH yang mengingatkan =")


Ramadhan #13 : Pengaruh Kerudung

Tulisan ini adalah tulisan ke 13/30 di bulan Ramadhan yang ditulis selepas sahur, semoga bermanfaat.

Dalam bukunya Anda Bertanya Islam Menjawab, Prof.Dr.M.Mutawalli Asy-sya’rawi menjawab sebuah pertanyaan mengenai apakah pengaruh kerudung bagi wanita itu sendiri.

Berikut saya tulisankan jawaban beliau :

Islam berkata kepada wanita,”Syariatku akan mengamankan kehidupanmu”


Seorang istri yang sudah mencapai umur lebih dari empat puluh tahun, fisik lemah, tidak sesegar waktu ia masih belasan atau dua puluhan. Istri menjadi lemah karena kepayahan mengurus rumah tangga, lelah mengurus anak, mengurusi dan mungkin mencari tambahan kebutuhan. Semua itu bisa mengurangi keindahan tubuhnya, pudar kecantikannya, dan kelihatan semakin tua.

Suami setiap hari keluar, melihat wanita muda berpakaian mencolok dan berdandan menarik. Ia merenung, membandingkan dengan istri di rumah yang mulai rapuh. Watak dan tabiatnya menyala, melebihi kebiasaannya di rumah. Tontonan semacam itu bisa merusak ketentraman rumah tangga.

Wanita yang berpakaian mencolok dan berdandan genit itu lupa diri bahwa dua puluh tahun lagi ia juga akan keriput. Kemudian datang giliran wanita muda generasi berikutnya akan menggoda suaminya. Terus berputar!

Islam berkata kepada wanita semacam itu;

"Amankan hidupmu, lima belas atau dua puluh tahun lagi ada wanita lain yang akan merusak suami atau anakmu"

Karena rahmat-Nya, Islam mengamankan kehidupannya, melarang merusak ketentraman kehidupan orang lain, sehingga dia tercegah dari pebuatan orang lain yang serupa.

Islam tidak melarang adanya daya tarik. Islam hanya membatasi adanya daya tarik dari wanita kepada laki-laki. Laki-laki muslim juga tidak dilarang mempunyai hasrat atau keinginan. Tetapi rasa ingin memiliki biasanya tidak bisa dipisah dengan bertindak untuk memiliki.

Islam berkeinginan memuliakan kedudukan kaum wanita dan menempatkan mereka pada posisi yang terhormat. Apabila ada seruan agar wantia berpakaian sopan, tidak menampakkan aurat, dan memamerkan bagian-bagian kecantikannya kecuali kepada suaminya saja, justru dimaksudkan untuk menjadikan wantia sebagai istri-istri teladan yang menentramkan rumah tangganya, menjadi ibu yang mampu mengasuh makhluk Allah yang paling mulia, yaitu manusia.

Sumber : Anda Bertanya, Islam Menjawab - Prof.Dr.M.Mutawalli Asy-sya’rawi

Bandung, 21 Juli 2013

ayok hijRah !

Monday, June 30, 2014

:: hidangan ::

sekitaR sudah muLai hectic menyiapkan hidangan Ramadhan .
sesungguhnya aku sedang menahan diRi .
otak kuu ini , beRtebaRan Resep buat kue keRing , takjiL makanan dan minuman .
beRsabaRLah nisaa , ALLAH pasti sudah menyediakan waktu untuk eksekusi Resep Resep itu .

:: tRaveLLing - Lah ::


daLam Pandangan Hidup Muslim , Hamka menuliskan tentang betapa kesibukan manusia saat ini telah melalaikannya dari memperhatikan keindahan di alam sekitar, hidup sekedar menjalani kerja dari pagi hingga petang. Hidup yang tanpa ruh, kehilangan waktu untuk menikmati keadaan alam sekitar. Hidup yang hilang makna, hilang rasa. Sesekali, berhentilah dari semua itu dan perhatikanlah alam ini, maka akan kita saksikan betapa Allah menciptakan seluruhnya begitu indah, bermakna, dan tiada kesiaan. 

(posting masgun)


... ke tempat tempat yang akan membuat semakin bijaksana . tidak memeRLukan peta , beRjaLan saja ke aRah matahaRi tenggeLam , dipandu bintang ...

:: sebagai teman yang baik ::

menemukan ini saat tumbrling >>

" Biarkanlah setiap orang memiliki pengalaman emosi yang lengkap . Biarkan seseorang memilih keputusannya sendiri .
Sebagai teman yang baik . Siapkan diri kita kapanpun dia membutuhkan . Sejauh dia belum memanggil kita , maka perhatikanlah dan belajarlah dari masalah yang sedang dia hadapi . "

upaya kuu , sebagai teman yang baik
semoga dimudahkan =")

:: kesenjangan ::

beRteman dengan sekitaR yang memiLiki keyakinan beRbeda .
keyakinan nya ,
tentang sumbeR penghasiLan .
tentang Rokok .
tentang hubungan Lawan jenis .
tentang sekoLah .
tentang menutup auRat .
tentang keLuaRga dan peRnikahan .
dan aku tetap beRada pada keyakinan ku sendiRi .

kadang kesenjangan itu ada .
entah beRakhiR setuju menyatu atau tetap pada keyakinan nya ~

Saturday, June 28, 2014

:: tidak ada yang sia sia ::


" Allah mempertemukan untuk satu alasan.
Entah untuk belajar atau mengajarkan.
Entah hanya untuk sesaat atau untuk selamanya.
Entah akan menjadi bagian terpenting atau hanya sekedarnya.
Akan tetapi, tetaplah menjadi yang terbaik diwaktu tersebut.
Lakukan dengan tulus.
Meski tidak menjadi seperti apa yang diinginkan.
Tidak ada yang sia-sia karena Allah yang mempertemukan. "

Anonim - dari sebuah group WhatsApp
- kg -

Wednesday, June 18, 2014

:: menyatu aiR Langit ::

pagi ini
semua oRang menyatu dengan aiR Langit
meRasa beRjuang untuk sampai di tempat tujuan tepat waktu dengan pakaian keRing
Lucu sekaLi penduduk bumi ini

teRLanjuR kuyup
deRasnya hentikan kendaRakuu
beRdiRi di bawah atap waRung di sepanjang jaLan menuR
menunggu Reda diantaRa genangan aiR dan saLuRan aiR

LaLu beRpikiR , tak ada aLat penghitung hujan , ALLAH maha KeRen ~

:: buLan menawan di jaLan puLang ::

kuLia diakhiRi dan ditutup ucapan saLam
Langkah kuu penuh kepastian menuju paRkiR motoR
kaRna tidak ada jadwaL seLain puLang
meLewati segeRomboL segeRomboL jiwa yang mempeRcayakan pendidikannya di kampus gaRuda bodong , execeLent with moRaLity
jaLan puLang yang kuu LaLui sama sepeRti haRi sebeLumnya
ambiL LajuR kanan saat akan putaR baLik di keRtajaya
pandangankuu beRaLih ke Langit
kenapa begitu teRang
Lampu jaLanan dan pepohonan Rimbun , masih sama
LaLu apa ?
indeRa pengLihat kuu memecah itu semua
aihh ini uLah benda Langit
menawan dan beRseRi sekaLi kau maLam ini
memikat hati penduduk bumi yang sedang kejatuhan cinta
meRasa sama sama meLihat muu
cahaya muu memang menenangkan , buLan
sayang yaa , aku seLaLu membeLakangi muu di jaLan puLang
dan jaRak seoLah makin jauh
mungkin sebaiknya begitu
indah muu bisa jadi bumeRang
aku masih ingin seLamat hingga tujuan ~

Tuesday, June 17, 2014

:: mian hamnida ::

aku menyesaL , sungguh ini kaLi peRtama aku beRLaku tanpa beRpikiR kaLo itu akan membuat Lawan bicaRa kuu tidak enak hati .
bahkan kata maav saja tak beRani aku sampaikan seteLah itu .
mengumpuLkan niat dan menunggu waktu yang tepat .
aku tidak suka dibiLang senang .
kaRna memang tak beRmaksud beRgembiRa .
aku juga tidak tau kenapa saat itu akuu teRtawa .
aku hanya bisa teRsenyum Lagi .
kaRna sudah menyampaikan apa yang seLama ini aku diamkan .
membicaRakan tentang nya tanpa dia tau , itu sangat membuatku tidak nyaman .
aku hidup bukan untuk itu .
semoga jujuR kuu pada tempatnya ~

ALLAH ,
peRtobatan apa yang haRus kuu tempuh ?

:: penghuni majeLis ::

mengenaL sedikiiiit saja , penghuni majeLis .
sepeRtinya miLiki amaLan sendiRi sendiRi .
aku ingin Lebih mengenaL meReka .
ingin Lebih banyak beLajaR daRi meReka .
bagaimana yaa , ALLAH mengatuR nya untuk kuu kan ?

:: doa pasukan kuning ::

daLam peRjaLanan beRangkat keRja .
angin seLaLu menggeRakkan Ranting dan daun tak Lagi mampu beRtahan .
guguR , peRLahan tak beRdaya meLawan gRavitasi bumi .
sebagian jaLan beRsih kini beRseRakan daun Lagi .
apa yang diRasakan penyapu jaLan ya ?
iya , pasukan kuning itu .
memaki kah ? kaRna daun daun itu tak mau mengeRti , kenapa haRus meLepaskan diRi daRi Ranting .
membuat dia haRus menyapu kembaLi , memunguti bebeRapa , Lagi dan Lagi . meLeLahkan bukan .
atau justRu gembiRa ? kaRna meReka diseLamatkan agar tak meneRima gaji buta .
kaRna dengan daun daun di jaLanan itu , pRoFesi meReka ada .

aku jadi ingin tau , apa yang ada daLam doa meReka .
aku ingin beLajaR daRi meReka =")

:: aku sedeRhana saja ::

seLama 23 tahun 7 buLan ini , sungguh tak peRnah ada taRget atau pencapaian yang besaR atau yang dikhususkan , sesuatu yang speciaL , sepeRti individu di sekitaR .

aku
hanya ingin bisa membeRi sesuatu untuk sekitaR daRi upah yang kuu dapat seLama keRja di kaLa teRang .
hanya ingin membantu apa yang aku bisa untuk sekitaR .
entah itu menyampaikan amanah , menyediakan waktu dan tenaga , entah haRus beLajaR duLu biLa memang diLuaR kemampuan .
hanya ingin mengambiL hikmah daRi sekitaR , beLajaR tentang kehidupan dan agama .
meLaLui haL haL ini , aku hidup .
sedeRhana saja .

sepeRtinya , saat tak Lagi keRja di kaLa teRang dan kuLia di kaLa petang .
bangun Lebih pagi daRi mentaRi , ibadah beRsama penghuni Rumah , ke pasaR dan masak beRsama ibuk Lebih menyenangkan .
jaLan pagi beRsama bapak jugak .
beRsih beRsih Rumah .
setRika baju dan menata isi aLmaRi , bisa sehaRian , itu meLegakan .
membuat cemiLan kue dan membagi untuk sekitaR jugak ndak kaLah seRu , berbagi Resep , beRbagi hasiL .
membeLi kain dan jahit sendiRi , Lebih mengasyikkan .
nemenin penghuni Rumah kemana meReka peRgi .
mengikuti keinginan baik daRi sekitaR .
mewujudkan keinginan baik daRi sekitaR .
iya , meLaLui haL haL itu , aku hidup .
sedeRhana saja .

hanya ingin beRada di tempat ataupun situasi ,
dimana aku memang dibutuhkan , sedeRhana saja ~

akuu bahagiaa , ALLAH ~

Sunday, June 1, 2014

:: pas bengek ::

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
semoga pada Lagi sehat semua yaa sekitaR .
ini aku 2 pekan atau Lebih yaa , Lagi bengek .
dan dibeRsamai dengan situasi hectic Lainnya .
okee , beRaRti kan banyak banged pembeLajaRan dan hikmah yang aku dapet seLama bengek .

yuk , saatnya ceRitaa ceRitaa . kaRna jujuR aja , aku sekaRang Lebih banyak mendengaR , mempeRhatikan , membaca , daRipada mengucap *aku jugak ndak tau kenapa .
mungkin eFek posisi duduk kuu di kantoR , diatas tuh ada 3 kubu *haLah , yang di kubu kuu , ada 7 meja dan teRisi cuma 4 , aku cewek sendiRi .
keRjaan jugak Lagi banyak .
ngebagi sama ngeRjain tugas , mikiR skRipsi (mikir doang) , odoj , ngebagi sama ndengeRin soundcLoud , bLogwaLking yaa gitu Laa .
Rasanya ndak ada waktu buat shaRing2 .
aku jaRang ikutan ngobRoL saat makan siang atau antRi wudhu .
mungkin dikiRa temen2 , keRjaan nisa Lagi banyak , makanya seRius gitu .
baRu taunya pas ada banyak sampah tisu dan pas ngomong , suaRa kuu , subhanaLLah . bikin meReka nutup teLinga .
hiks .

kegiatan sedikit teRganggu . yang haRusnya bisa ke tempat a , ke tempat b . eee ini kudu dibonceng .

tahapan bengek , kepaLa cenut cenut , tenggoRokan Radang nya supeR , anget , idung mampet , napas panas , teLinga agak budheg , suaRa iLang , sekaLinya dibuat ngomong yaa suaRa beRat dan bindeng , dan kaLok maLem jadi keLeLawaR , meciciL .

pas suaRa kuu masih ngebass bindeng macam banci gitu , puLang kuLia mampiR beLik RisoL di gang deket istana boneka .
paRkiR motoR , depan waRung RisoL ada cewek cowok duduk ngobRoL gitu . sama ada cowok Lagi pake headset di waRung sebeLah yg Lagi tutup .
kaRna masih peRtama aku beLik disini , aku baca duLu menu nya . teRus pas oRdeR , itu mbak nya yang juaL hah heh hah heh . aku jadi boLak baLik nguLang nyebut oRdeRannya . mana suaRa kuu paRah puLa . aku ngeRasa cewek cowok itu bisik2 nyekikik dengeR suaRa kuu . aish ...
yauda abis gitu , duduk nunggu digoRengin RisoLnya .
tak Liat kok kayaknya uda dibungkus , aku sodoRin deh uang nya sambiL mau neRima paketan RisoL nya . eeee teRnyata itu buat cowok yang autis dengeRin Lagu pake headset . huwaaaa , cowok cewek itu , nyekikik bisik2 Lagii , isin .
yauda , nunggu Lagi .
tRus aku disapa sama cewek itu , mbak nya daRi mana ? dimana ? tau RisoL ini daRi ? susah ndak nyaRi nya tadi ? mbak nya FLu ? . eee pas uda mateng RisoL kuu , ada bungkusan teh anget . ini mbak , diminum di Rumah *teRhaRuu .

ada Lagi ceRita , 29 mei uLtah nya em , 1 juni uLtahnya aconk . kita pasti ngumpuL buat makan . sebeLumnya , aku sama aconk pasti nyaRi kado buat em . teRus seLang sehaRi dua haRi gitu , aku sama em pasti nyaRi kado buat aconk . di distRo2 yang sama . jadi , itu kaLok shopkeepeR nya su'udzon . dikiRa aku macaRin dua cowok -.- .
nah , pas paRkiR gitu , aku ditanyai sama pak paRkiRnya , sekoLah keLas beRapa ? aku yoo meLongo , uda kuLia pak . ooo saya kiRa masih sekoLah , pRamuka -.- .

teRus pas paRkiR atm , aku gak ada duit Receh bLas , maklum tanggaL tua meenn , aku nyodoRin 50Rb , ada kembaLinya ndak mas ? . Recehan ndak papa mbak ? iya ndak papa mas . sebentaR yaa mbak . eee tRus dia nyodoRin sekResek duit koin meennn . ini mbak Recehan . waduw , yaa jangan gitu jugak mas -.- .

uda deh , Lagi maLes ngetik , hhihi . kapan2 tak Lanjutin ceRita ini .

Sunday, May 25, 2014

:: bahasa cinta ::

فكيف تنكر حبا بعد ما شهدت#به عليك عدول الدمع والسقم
bagaimana engkau ingkaRi cinta seteLah beRLinang aiR mata dan penyakit menjadi saksi yg adiL atas diRimu
(Qasidah buRdah imam bushiRi)

bahasa suRoboyoan nya ,
awakmu Lho wes nangis boLak baLik sampek LoRo LoRo baRang , sek katene gak ngaku nek awakmu tResno , nak RosuLuLLah .

diceRitain kisaana , imam bushiRi itu sakit , abis itu baca Qasidah yang beLiau susun teRsebut , aLhamduLiLLah sembuh . beLiau cuintaaaaa banget sama RasuLuLLah .
itu keRennya uLama' kita masa LaLu . hampiR bisa dipastikan semua kata "cinta" daLam kaRya kaRya beLiau itu meRujuknya ke ALLAH dan RasuLuLLah .

nah , bLogwaLkeR , peRnah tau kata kata ini kah >>>
"aku mencintaimu kaRena agama yang ada pada diRimu , jika hiLang agama yang ada pada diRimu maka hiLangLah Rasa cintaku padamu"

yup , kata kata imam nawawi .
tau ndak , kaLok imam nawawi meninggaL sebeLum menikah . kaRena beLiau memiLih menikahi iLmu iLmu ALLAH .
coba deh mikiR , beRaRti jeLas banget kan kaLok kata kata itu bukan untuk Lawan jenis . tapi untuk sahabat di jaLan ALLAH .

Faktanya , kata kata itu booming atau mungkin uda jadi tRademaRk , Quote wajib bagi insan insan yang di hati nya diRundung asmaRa pada Lawan jenis .
yup , dibuat nyepik ei .
beuh , saLah kapRah . tujuan kata sehakiki dan semuLia itu , teRcemaR .

kini buahkan tanya , apakah akuu sudah (sungguh) mencintai Muu dan RasuL Muu ?

Saturday, May 24, 2014

:: domain kaRya ::

menemukan domain kaRya
meLihat tiap Rupa
mendengaR tiap suaRa
membaca tiap kata
SUBHANALLAH , makhLuk Muu itu
bagaimana bisa membuat kuu Rutin menengok nya
tiap cipta nya
seakan diRi kuu
kami tidak peRnah mengenaL , apaLagi beRsua
namun aku paham betuL
kaRna mewakiLi posisi kuu
menggambaRkan imaji kuu
mengungkapkan ingin kuu
apa apa yang beLum menjadi tuLisan
sudah kuu biLang , sepeRti beLajaR daLam peRjaLanan kuu sendiRi
ini saLah satu caRa Muu membeRiku pengajaRan kan
bahwa tidak hanya akuu yang mengaLami . . .

kami di satu pijakan , di bumi Muu
tidak mustahiL bagi Muu kan tuk buat kuu beLajaR Lebih banyak
daRi sebaRan cahaya Muu . . .


tentang kuRniawan gunadi .

Thursday, May 22, 2014

:: Tulisan : Mencari Tahu ::

posting asLinya disini >> http://kurniawangunadi.tumblr.com/post/83920493210/tulisan-mencari-tahu

Tahukah kita? Seandainya setiap orang paham bahwa mencintai bukan hanya soal waktu, soal keberanian, atau soal kesempatan. Namun, soal keimanan dan ketaqwaan. Bila setiap orang sadar bahwa tidak semua perasaan itu harus dituruti. Tidak harus dikatakan. Tidak harus ditindak lanjuti. Kan sudah aku bilang, urusan ini bukan sekedar urusan waktu dan keberanian, tapi urusan keimanan dan ketaqwaan.

Tahukah kita? Terlalu banyak orang kehilangan sabar. Tidak mampu memahami keadaan. Terlalu terburu-buru mengungkapkan sesuatu. Tidak berpikir dua kali untuk bertanya-tanya, “apakah kiranya Tuhan ridho dengan tindakannya?”

Tahukah kita? Pada akhirnya orang yang bisa membersamai kita bukanlah dia yang lebih cepat atau lebih lambat. Tetapi dia yang bisa mengiringi langkah kita. Langkah yang sama jauhnya, sama pendeknya.

Tahukah kita? Memandang seseorang saat ini tidak lagi bisa dilihat dari sekedar pakaian dan isi otaknya. Sudah menjadi bias mana yang asli mana yang palsu. Seandainya setiap orang tahu, bahwa mata tidak lagi bisa mengenali dengan jujur. Tapi tidak setiap orang paham bahwa dia memiliki mata hati. Hati mengenali hati. Mata hanya mengenali fisik.

Tahukah kita? Diri kita dan apapun yang kita miliki adalah hal yang paling baik untuk kita. Bukan untuk orang lain. Apa yang dimiliki orang lain, itu yang terbaik untuk mereka. Bukan untuk kita. Seandainya kita paham konsep kecil ini, kita tidak perlu iri hati. Sayangnya, diantara kita saling membandingkan. Lalu menyakiti diri sendiri.

Tahukah kita? Waktu kita tidak banyak. Sayangnya, diantara kita banyak lupa waktu. Aku pun begitu.

Bandung, 26 April 2014 | (c)kurniawangunadi

beRisLamLah dengan bijak =")

Friday, May 16, 2014

:: tangan kita ::

|| nyucibaju / setRika ? setRika ||
||nyapu / nyucipiRing ? nyapu ||
|| beRsih2 / nata2 ? nata2 ||
|| nyucipiRing / nyucibaju ? nyucipiRing ||
|| bikin kue / masak ? bikin kue ||
|| nyucipiRing / masak ? masak ||
|| nyucibaju / beRsih2 ? beRsih2 ||
|| nata2 / nyucibaju ? nyucibaju ||

jangan teRLaLu Lama memiLih ,
pada akhiRnya ,
semua akan beRsua dengan tangan kita kok ,
hahaha ~

Thursday, May 8, 2014

:: saRi kejadian ::

sampaikan apa yang peRLu akuu tau , jangan Lebihkan .
kaRna sungguh jiwa ini tak mampu hadapi hiRuk pikuk tautan hati sekitaR .
aku takut saLah taFsiR .

niat Raga disini tuk dapati pendaR cahaya NYA , semakin dekat pada pemiLik NYA .
kaRna sungguh hati ini pemicu peRangai yang paRadoks .
aku takut saLah jaLan .

teLinga ini haRusnya mendengaR yang sehaRusnya saja .
tapi itu sukaR .
kaRna sekitaR tak henti guLiRkan kabaR .
buat otak menganaLisis , menyatukan Runtutan .
aku takut saLah kesimpuLan .

yasudah , menebaLkan khusnudzon dan istighFaR saja .
tahan tak ucap "kenapa"
ini pembeLajaRan , maka seLaLu ada saRi kejadian , hikmah .

Friday, May 2, 2014

:: cukup saja ::

noda itu
sepeRtinya tak Lagi beRcak
meLuas
keRuh
kenapa tak Lagi menyaRing naFsu
agaR yang teRsisa hanyaLah tuLus
ucap istighFaR akan kah jeRnihkan kembaLi ?

Laku baik nampak
namun kosong di daLam
jiwa bijak nampak
namun penuh teRkaan di daLam

sungguh eksistensi
kenapa tak Lagi naiF
kaya kepuRa puRaan
tak akan Lah sampai ke Lubuk
ucap istighFaR akan kah meLuRuskan kembaLi ?

haRusnya tak peRLu banyak tau
haRusnya tak peRLu dekatkan jaRak
haRusnya tak peRLu ijinkan haRap
cukup saja

bisa jadi posisi yang ada , menyakiti diantaRa
jadi , cukup saja

tak Lagi menyebut siapa siapa daLam doa ~

Saturday, April 26, 2014

:: apa peRLu ? ::

sedang ingin teRasing
beRjaLan sendiRi
meLewati sekitaR yang tak mengenaL kuu
pijakan di bagian Lain
jauhi hiasan dan topeng ini
biLa beRuntung
beRtemu seseoRang
iya , satu oRang saja
aku ingin mendengaR ceRitanya
menatap Lakunya
meRekam semuanya daLam hati
menghitung peRjumpaan mentaRi dan senja
yang kadang Lekat dengan peLangi dan gemintang
sampai pada waktu kembaLi
ahh tunggu duLu
apa peRLu aku kembaLi ?

Wednesday, April 23, 2014

:: titipkan ingatan ::

aku sedang tidak banyak beRucap
hanya membaca pandangan oRang Lain
mendengaR sekitaR
dan menyampaikan amanah
Lama tak kuu titipkan ingatan kuu disini
iya , Rasa Rasa kuu dengan meReka

keadaan sepeRti ini , tenang ~

:: aiRmata dahuLui kata ::

bismiLLahiRRahmniRRahim,

mengantaR emes ke Rumah tante yang kebetuLan ada pakdhe . iya , aku tidak teRLaLu suka ikut jagongan saat paRa tetua membicaRakan sesuatu . aku meRasa itu tidak sopan . dan meRasa itu bukan uRusan ku , atau aku tidak peRLu tau , kecuaLi kaLau dipanggiL untuk beRgabung . tapi tidak untuk kaLi ini , aku meRasa , iniLah saatnya anak kemaRen soRe ikut bicaRa , mengadu tentang keLuaRga besaR ini . aku sayang.
meReka sedang membahas pakdhe teRtua yang sudah bebeRapa haRi meninggaL . anggap saja mengambiL hikmah daRi yang sudah teRjadi dan menyiapkan untuk kedepannya .
LaLu aku muLai memapaRkan . tentang bebeRapa saudaRa emes ataupun saudaRa sepupu kuu .
tentang meReka yang sehaRusnya baik , namun tidak sesuai atuRan NYA , eman banged ngunu Lho aku mikiRnya . sampai kapan akan sepeRti itu , sedang usia tak ada yang tau . yaa , tentu aiRmata dahuLui katakata . sesenggukan , bicaRa sepeRti bocah mengeja .
pakdhe , saya ini siapa , anak keciL . jangan biLang didoakan saja , kaLau pakdhe yang mengingatkan , mungkin Lebih bisa didengaR .
- teRas pakis -

seteLah menghitung pengeLuaRan dan haRta beRsama , kami masih teRjaga , bincangkan pekeRjaan , apa yang dihasiLkan , mengenai sekitaR dan sodaRa yang beRagam , oRtu dan Rencana Lainnya . maavkan teLah buat muu menangis seLaRut itu . tak banyak kawan yang bisa bincang sepeRti ini . aiRmata seLaLu dahuLui katakata . tapi pasti kau ingat nanti saat masing-masing daRi kita ada di Fase itu , Fase yang kita bicaRakan .
- haRi peRtama di bandung -

adzan maghRib , kaki ini beRdiRi menunggu angkutan beR-aRgo . was was kehabisan waktu shoLat , kuLia dan uRusan tugas . 15 menit kemudian , saya sudah diangkut dan ada di peRbincangan itu .
sopiR angkutan beR-aRgo yang biLang kaLo duLu dia musLim uda umRoh dua kaLi dengan anaknya .
LaLu kenapa memutuskan muRtad ?
sedikit yang aku ingat tentang sopiR itu ,
dia itu oRang teknik , s2 teknik geoLogi , dia daRi kaLimantan . teRus nikah , punya 2 oRang anak , nah , si istRi minta puLang ke jawa , dan bilang kalo ndak usah kerja di tambang . setelah pulang ke jawa , istrinya meninggal dan gak lama , ayahnya meninggal . dia drop bgt
posisi sakit . kalo nelen air , itu tenggorokannya yg jadi bengkak , airnya disitu , nggak turun ke perut . suatu saat dia mimpi nabi isa
aku lupa tadi dia bilang diajak jalan , ngobrol terus dikasi minum
nah pas bangun , dia minum , katanya sakitnya sembuh . terus , anaknya kan ditaruh panti . bilang kalo ndak mau ngurusi / nampung anaknya oRang kaFiR . anaknya pernah ditanya , uda makan . belum pak , di panti uda abis . terus sehari2 jugak , kayak dimusuhi gitu .akhirnya , anaknya sekarang yoo ikut keluar dari islam . dia juga cerita , pernah ada ustadzah yg naik taksinya , diceritain ,ustadzahnya bilang , ndak bener itu pantinya , anak bapak bawa ke saya , ini nomer saya . sopir taksinya jugak bilang , beberapa kali juga saya ditawari mengajar di salah satu institut , tapi saya tolak , yaa karena anak saya bilang , napak jangan jauh2 , kalo adek perlu , bapak ada . dia duLu mokong , tapi sekarang uda idup damai , uda idup yang baik baik . sekarang sama cewek aja ndak berani . dia jugak bilang , istri saya , belum berkerudung terus kerudungan , trus yaa kan uda meninggal , jadi tiap kali ngeliat cewek kerudungan , mesti inget , kalo dia belum bisa jadi imam yang baik , dulu ada yang ngobrak2 puasa sama sholat . pas tepat lewat di masjid deket rumah kuu , dia noleh , ngeliat orang sholat . terus aku tanya , bapak ndak kangen sholat pak . kangen mbak , saya juga masih bisa bacaan nyaa . pas mau turun , ngebayar . bapak ndak kangen sholawat ke nabi muhammad , nabi tau siapa2 umatnya pak . aduh mbak jadi penen nangis ini saya . abis gitu aku turun . makasi mbak .
Lagi Lagi , aiRmata dahuLui katakata . hatinya aja tau yang bener , kenapa bapak ini masih gamang . entahLah skenaRio apa , aku diketemukan sama pak sopiR iti . seLama peRjaLanan di bdo , gak nemu yang se jLeb di akhiR peRjaLanan puLang ini . aku ceRita kisaana . dia biLang , betapa mahaLnya hidayah . ndak cukup dapet hidayah tapi juga mesti dijaga . sepenuhnya hidayah itu kuasa Allah . cek Al Ankabut ayat 2-3 .
- daLam peRjaLanan puLang -

saat mengedit Foto mas , aku nemuin Foto piya (ponakan kedua) beRdua sama pakLek kuu , Lek mantRi . yaa , dia sedang sakit . kencing batu . kakinya bengkak kaRna caiRan daLam tubuh ndak bisa keLuaR secaRa noRmaL . aku tunjukkan ke emes . ndut , Liat ini *mbRebes miLi . ndut ndak ke Lek tah ? pamit . tak anteRin . iya iya , jawabnya .
siangnya , pas aku Lagi dipanggiL kak obi , sebentaR mas , ibuk saya neLpon . suaRa emes gemetaR , nis nis , ibuk baRusan diteLpon Lek muu , biLang "u umi (panggiLan pakLek bwt ibuk) ndak mRene tah , ndeLok akuh . suaRanya Lemes , ngeRingik gitu" . ini mbak Lagi peRjaLanan puLang daRi kantoR , ijin .
iya bu , nisa nanti kaLo uda LonggaR yaa tak ijin , tapi kayaknya ndak bisa soaLnya ada bos , jadi bReaFing2 gitu .
yasudah , netes nih aiRmata .
baLik ketemu bos kuu , dikiRa piLek =|
besoknya dibawa ke RS , pada penuh kamaRnya , yauda mentoknya ke IRD , Lamaaa banget obseRvs nya . beLum dapet kamaR , sementaRa ditampung di LoRong .
sabtu , aku bisa puLang sedikit Lebih awaL daRi biasanya . pada janjian ketemu di RS semua . (sedikit ceRita , duLu aku pingsan kaLo ke RS . aku penakut . tapi ALLAH mengajaRkan kuu , meLaLui bapak kaRna jantung dan poRstatbnya , uda berapa kaLi opeRasi besaR dan opname . meLaLui mas , dan meLaLui sekitaR . jadi sekaRang uda teLusaR teLusuR) . yaa , Ruang penyakit daLam . pasien disini sudah akut sakitnya . aku meLihat kondisi Lek . bengkak di kakinya beRkuRang , kaRna uda disaLuarin uRin nya meLaLui kateteR *aku ndak tau tuLisannya gimana . tangannya bengkak kaRna gonta ganti infus . badannya masih Lemas , kaku , susah geRak . sepeRti stRuk . matanya kosong , yaa , kaRna kataRak , eFek daRi diabetesnya .
aku duduk , naik di tempat tiduR , di ujung kakinya . Lek minta dipijitin , katanya badannya sakit semua , cenut cenut , kayak Rontok , Remek gitu Laa . paLing tidak kehadiRan sodaRa2 nya bisa membesaRkan hatinya . padahaL sebeLumnya uda tak ancang2 mau nuntun baca ini dan itu . mau tak ajak shaRing . namun , aiRmata seLaLu dahuLui katakata . neLangsa sungguh saat mendengaRnya biLang . "ngene yoo nek gak duwe anak" . ibuk Langsung nyeLetuk , biLang apah kamu ? . bapak biLang , ini ponakan2 muu , anak muu juga , banyak ponakan muu . aku cuma bisa biLang , semua sayang sama Lek . istighFaR Lek , shoLawat , biaR ndak kosong .
saat tanggaL meRah dan haRi LibuR , atau puLang kantoR Lebih awaL , aku sempatkan maen ke RS . sungguh , apaLagi yang dibutuhkan oRang sakit seLain waktu , peRhatian dan doa daRi sekitaRnya .
aku tidak tau , Lek bisa bertahan sampai kapan meLawan sakitnya , yang sepeRtinya tiap minggu haRus cucidaRah , yang bisa saja positiF stRuk kaRna ada sakit jantung jugak , kReatin yang tinggi , asam uRat dan diabetes tak kunjung noRmaL , dan akuu Rasa Fungsi oRgan yang Lain bakaL nyusuL ini Rusaknya . kecuaLi ada mukjizat .
aku membasuh wajahnya dengan handuk basah , ALLAH beRikan yang teRbaik untuknya , dan teRangi hati NYA dengan cahaya Muu , sungguh aku bisa meRasakan ketakutannya , kasihan , tidak ada penuntun . ALLAH semoga Engkau memampukan kami .
- Ruang Pandan II RSUD Dr. Sutomo -

penghuni Rumah sudah beRangkat menuju Rumah Muu . aku beLum nitip doa ini itu . entahLah aku sedang tidak menginginkan apa apa .aku yakin penghuni Rumah pasti akan mendoakan ini itu untukku . sebeneRnya , aku cuma pengen biLang "sampaikan saLam kuu untuk sayyidina Muhammad saw . untuk RasuLuLLah" tapi daRi kemaRen2 gak ndang biLang . yaa kaRna , pasti aiRmata dahuLui katakata . akhiRnya , aku sampaikan meLaLui pesan singkat .
- Rumah , peRjaLan kantoR -

yaa begitu seRing daLam peRjaLanan kuu ,
aiRmata dahuLui kata ,
tangisan dahuLui ucapan ,
kenapa hati kuu jadi Ringkih begini ?

Friday, April 18, 2014

:: muLai daRimana ya ? ::

bismiLLahiRrahmaniRRahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
ahh sudah , akhiRnya maLam ini kuu putuskan untuk menuLis Lagi , sudah buanyak banged hikmah2 yang beLum aku bagi disini , sampek aku sendiRi Lupa apa ajah , keseRingan ditunda . (mugo2 skRipsi ndak gini).

muLai daRimana ya ?

Wednesday, March 19, 2014

:: peRempuan yang teRbaik ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim ,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
ada peLajaRan yang aku dapet daRi kisaana .
pas baca kitabnya syekh wahbah zuhaiLy , nemu ini :


*pas ngeLiat , meRaba2 nebak2 , haha , itu ada nama kuu .

disebutkan daLam hadits tentang siFat peRempuan yang teRbaik (khoiRunnisa) :
paRa sahabat beRtanya : wahai RasuLuLLah , sepeRti apakah peRempuan yang teRbaik itu ?
RasuLuLLah menjawab : " yaitu yang paLing menyenangkan jika diLihat suaminya , mentaati suami jika dipeRintah , dan tidak menyeLisihi suami pada diRi dan haRtanya sehingga membuat suami benci "

Lingkungan seseoRang itu beRpengaRuh sangat besaR , janganLah seoRang Laki Laki memiLih peRempuan cantik namun beRasaL daRi Lingkungan pendidikan yang Rendah .
diRiwatatkan imam daaR Quthni dan daiLami daRi abi said secaRa maRFu' , 
sesungguhnya RasuLuLLah beRsabda :
waspadaLah engkau daRi " KHADRA UD DIMAN " ,
paRa sahabat beRtanya : apa itu "KHADRA UD DIMAN" wahai RasuLuLLah ?
RasuLuLLah menjawab : "peRempuan cantik yang tumbuh daLam Lingkungan yang buRuk " .

*kemudian teRingat , diRi muu adaLah nama muu , KHOIRUNNISA ~

Saturday, March 15, 2014

:: aku temani kaLian ::

bismiLLahiRRahmaniRRahim,

assaLamuaLaikum bLogwaLkeR ,
bebeRapa haRi yang LaLu , sendiRian , nunggu keLas masuk , aku buka video yang dapet daRi gRoup wa yang beLum aku Lihat .


wes yoo sesenggukan pasti
ini posisi ndingkLuk , pake maskeR dan kacamata
pas nuRuL dateng , dan dia biLang , nisa kamu umbeLan yaa kok maskeRmu basah
iya

ebes emes , bapak ibuk , ndut ndut .
maav sudah membuat maLu .
aku hadiR di usia senja kaLian .
maav atas kepayahan kaLian untuk kuu .
aku keRas kepaLa dan susah diatuR .
maav kaRna waktu sisa ini .
aku di Rumah hanya saat tiduR maLam .
tak ingin ungkapan "kesepian akan membunuh peRLahan" teRwujud
sungguh , putRi keciL , mokonk dan manja ini beRanjak untuk diandaLkan .
seLaLu pinta pada ALLAH untuk dimampukan .
aku . temani . kaLian .